Bupati Lepas 12 Peserta BJB

Bupati Lepas  12 Peserta BJB

Ikuti Seleksi di Bandung

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Sebanyak 12 pelajar SMA dari Kabupaten Kaur yang dinyatakan lulus seleksi program Bintang Jemput Bintang (BJB) beberapa waku lalu, Rabu (6/3) diberangkatkan ke Bandung Jawa Barat untuk mengikuti semua tahapan seleksi selama 9 hari. Pelepasan siswa ini langsung dilakukan Bupati Kaur Gusril Pausi SSos di aula lantai II Pemda Kaur. Dari 12 peserta BJB ini, yang diambil hanya dua siswa yang akan berangkat ke luar negeri yakni Jerman.

“Adik-adik yang sudah masuk dalam 12 besar ini merupakan yang terbaik, namun tetap jangan sombong dan saya minta agar tetap jaga nama baik daerah,” kata bupati dihadapan para siswa, Rabu (6/3).

Rencananya, penempatan beasiswa kuliah S1 yang dibiayai penuh tersebut yakni, 2 orang peraih nilai tertinggi. Sementara sisanya 5 orang peraih nilai terbaik selanjutnya akan dikuliahkan di dalam negeri namun tetap gratis. Sedangkan yang belum beruntung sebanyak 5 orang akan dikembalikan ke sekolah masing-masing.

“Mohon dukungan agar program BJB Pemkab Kaur tetap dilanjutkan, meski SMA sederajat sudah wewenang Pemprov. Namun Kaur juga akan berupaya meningkatkan SDM di bidang pendidikan,” ujarnya.

Ditambahkan bupati, ia juga sempat mengutip pesan Soekarno yakni ‘Berikan aku 10 pemuda maka akan ku guncang dunia’, menurutnya pemuda sangat berperan dalam kemajuan dunia. Sebagai generasi penerus bangsa mereka harus terdidik dan cerdas. Sementara bagi yang belum berhasil juga diharapkan jangan berkecil hati. Juga kepada yang beruntung pertahankan nama baik Kabupaten Kaur di tingkat nasional bahkan internasional.

“Setelah tamat Pemkab tak membatasi, silakan mengabdi dimana saja, luar atau dalam negeri, silakan. Namun jangan lupakan Kaur, berikan kontribusi meski hanya sebatas pemikiran saja, sumbangan apa yang bisa diberikan nantinya,” pesan Gusril.

Sementara itu, Kepala Dispendik Kaur Endi Yurizal, SP dalam sambutannya menegaskan tahun 2019 ini ada 7 peserta yang akan meraih beasiswa BJB dengan rincian 2 peserta ke Jerman, 3 ke IPB dan 2 ke UGM. Tahun ini adalah angkatan ke-8 program beasiswa BJB yang mulai dikucurkan Pemkab Kaur sejak 2012 silam, total penerima beasiswa sampai saat ini sudah ada 40 orang. Mereka yakni sedang menjalani kuliah 32 orang terdiri dari 11 di luar negeri dan 21 dalam negeri.

“Yang sudah lulus 8 orang rinciannya 3 orang lulusan luar negeri, serta 5 orang dalam negeri. Juga kepada siswa yang mengikuti seleksi di Bandung ini siswa diminta benar-benar mengikuti kegiatan apa yang diberikan pendidik nanti, dan juga jaga nama baik Kabupaten Kaur,” harapnya.

Dalam acara pelepasan di aula lantai II Pemda Kaur Rabu (7/3) sekitar pukul 09.00 WIB itu, turut hadir dalam kegiatan itu Wakil Bupati Kaur Hj Yulis Suti Sutri, Sekda Nandar Munadi, para asisten, staf ahli, kepala OPD serta sejumlah pihak terkait dan juga para orang tua siswa siswi yang berhasil masuk 12 besar.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: