Lulusan SPN Fokus Pengamanan Pemilu

Lulusan SPN Fokus  Pengamanan Pemilu

CURUP, Bengkulu Ekspress - Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs. Supratman mengungkapkan lulusan Pendidikan dan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri SPN Bukit Kaba Polda Bengkulu akan difokuskan untuk pengamanan Pemilu. Sehingga pasca dilantik kemarin, menurutnya semuanya akan ditarik ke Polda Bengkulu terlebih dahulu.

\"Seluruh lulusan dari SPN Bukit Kaba ini akan kita tarik ke Polda Bengkulu terlebih dahulu, hingga selesai Pemilu,\" sampai Kapolda usai melantik sebanyak 125 siswa Diktukba Polri SPN Bukit Kaba, Senin (4/3).

Dijelaskan Kapolda, para lulusan SPN Bukit Kaba ini nanti tentunya sangat membantu dalam hal pengamanan Pemilu yang akan dilaksanakan pada 17 April mendatang. Sehingga mereka akan disiagakan ke Polda Bengkulu terlebih dahulu. Baru setelah selesainya pelaksanaan Pemilu serentak nanti, maka menurut Kapolda mereka akan ditugaskan ke Polres-Polres yang ada dijajaran Polda Bengkulu.

Dalam penugasan ke Polres-polres nanti, Kapolda juga mengaku belum bisa memastikan apakah mereka akan ditugaskan sesuai dengan tempat asal mereka atau tidak. \"Untuk penempatan nanti, akan kita sesuaikan dengan kebutuhan, mereka juga belum tentu ditempatkan ke Polres asal mereka,\" tambah Kapolda.

Dalam kesempatan tersebut, jendral bintang satu tersebut juga menyampaikan selamat kepada lulusan bintara lulusan SPN Bukit Kaba. Kapolda berharap para bintara lulusan SPN Bukit Kaba tersebut bisa mengayomi dan melayani masyarakat dan menjadi polisi yang profesional.

Di sisi lain, dalam pelantikan Siswa Diktukba Polri SPN Bukit Kaba Polda Bengkulu tersebut selain dihadiri oleh Kapolda Bengkulu serta para pejabat Polda Bengkulu juga dihadiri oleh Bupati Rejang Lebong, Wakil Bupati Kepahiang, Wakil Bupati Kaur, Ketua DPRD Rejang Lebong, M Ali ST serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, juga ditampilkan sejumlah atraksi dari lulusan SPN Bukit Kaba, mulai dari atrasi akustik, pemukulan dol, simulasi pengamanan Pemilu. Atraksi yang paling menarik masyarakat yang hadir adalah kemampuan bela diri para siswa bahkan kepala SPN Bukit Kaba juga ikut memperagakannya.

Atraksi kemampuan bela diri yang ditunjukkan tersebut mulai dari memecahkan semen dibeberapa tubuh anggota, kemudian menjinakkan ular berbisa hingga kemampuan lulusan SPN Bukit Kaba yang digilas dengan kendaraan roda dua hingga penyiraman air keras, dimana penyiraman air keras tersebut dipraktekkan langsung oleh Kepala SPN Bukit Kaba, Kapolres Rejang Lebong dan Kabid Provam Polda Bengkulu. Atraksi yang menghadirkan guru dari Jawa tersebut mendapat sambutan dan decak kagum dari peserta yang hadir.

Sementara itu, pelatih beladiri Polri Nursidin Haryanto mengungkapkan dalam mempersiapkan sejumlah atraksi beladiri berbahaya yang ditampilkan oleh lulusan SPN Bukit Kaba tersebut hanya ia siapkan dalam beberapa hari saja. Karena memang menurut Nursidin, sebelumnya para lulusan SPN Bukit Kaba tersebut sudah memiliki dasar bela diri selama mereka menjalani pendidikan di SPN Bukit Kaba.

\"Untuk atraksi tadi saya hanya siapkan beberapa hari saja, saya kesini hanya melengkapi yang kurang saja karena mereka semua sudah memiliki kemampuan dasar bela diri,\" sampai pria asal Tegal Jawa Tengah tersebut. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: