Pasar Rakyat Siap Dihuni

Pasar Rakyat Siap Dihuni

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Meski sempat tidak selesai tepat waktu dalam pembangunanya, akhirnya pasar rakyat Pelabuhan Talang Leak Kecamatan Bingin Kuning yang merupakan bantuan dari Kementerian Perdagangan yang menelan dana sebesar Rp 5,7 miliar, akhirnya selesai dibangun dan siap untuk dihuni.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disprindagkop dan UKM) Kabupaten Lebong, H M Syahroni SSos MH mengatakan, meski pembangunan pasar rakyat telah selesai dibangun. Namun untuk saat ini status aset pasar masih milik pemerintah pusat.

“Nanti kita akan PHO dan selanjutnya tinggal menunggu petunjuk dari pemerintah pusat mengenai pengelolaan pasar,” jelasnya, kemarin (27/02).

Selain itu, nantinya kembali akan mengajukan ke Kementerian Perdagangan untuk penghibahan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong. Selanjutnya, apakah akan diserahkan ke pemerintah desa (Pemdes) untuk melakukan pengelolaan pasar tersebut.

“Nanti kita lihat, apakah Pemdes atau Disprindagkop dan UKM yang akan mengelolanya,” sampainya.

Pasar rakyat sendiri nantinya akan diperuntukan bagi para pedagang yang selama ini masih berjualan di pinggir jalan, terutama pedagang yang berada mulai dari Desa talang Leak hingga karang dapo Kecamatan Bingin Kuning. “Itu yang akan kita utamakan untuk menempati pasar,” ujarnya.

Pasar rakyat Pelabuhan talang Leak sendiri dikerjakan oleh PT Awong Ing Karya. Pasar sendiri dibangun persis seperti pasar yang telah dibangun sebelumnya yaitu Pasar rakyat Muara Aman yang memiliki 35 kios dan 198 los. (614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: