Harga Sayuran Terjun Bebas

Harga Sayuran Terjun Bebas

CURUP, Bengkulu Ekspress- Diawal Tahun 2019 ini para petani sayuran di Kabupaten Rejang Lebong mengeluhkan rendahkan harga sayuran ditingkat petani di Kabupaten Rejang Lebong. Rendahnya harga sayuran tersebut sudah terjadi sejak beberapa minggu terakhir.

\"Saat ini hampir seluruh harga sayuran ditingkat petani tengah mengalami penurunan,\" keluh Murman (50) salah seorang petani tomat di Kelurahan Talang Rimbo Lama Kecamatan Curup Tengah, Jumat (22/2) kemarin.

Murman mencontohkan, untuk harga tomat saja saat ini ditingkat petani hanya dihargai Rp 1000 per Kg. Dimana menurutnya penurunan harga tomat sudah terjadi sejak dua bulan terakhir. Dimana sebelumnya harga tomat ditingkat petani mencapai Rp 5 ribu per Kg.\"Sejak kami mulai panen, harga tomat berangsur turun dari Rp 5 ribu per Kg sampai sekarang tinggal Rp 1.000 per Kg,\" tambah Murman.

Meskipun dengan harga Rp 1.000 per Kg dengan luas lahan yang mencapai 1/4 hektar yang ia tanami tomat ia belum mengalami kerugian. Namun dengan harga tersebut untuk yang diprolehnya sangat kecil sekali. Karena menurut Murman selain biaya bercocok tanam mulai dari pengolahan tanah, pembibitan dan lainnya ia juga akan mengeluarkan biaya lain yaitu biaya sewa lahan sebesar Rp 5 juta untuk satu tahun serta pembelian kota tomat hingga upah untuk orang yang membantunya panen.

\"Dengan harga Rp 1.000 per Kg, kita masih untuk namun kecil sekali, kalau sudah Rp 500 per Kg itu pasti sudah rugi,\" paparnya.

Terkait dengan turunnya harga tomat sendiri, Murman mengaku belum mengetahui pasti penyebabnya, namun menurutnya kemungkinan besar karena stok tomat yang melimpah karena saat ini banyak petani tomat yang tengah panen, sehingga berdampak pada turunnya harga tomat.

Selain tomat, sejumlah harga sayuran lain yang tengah turun seperti kol yang Rp 1.200 per Kg, Cabai Merah Rp 8 ribu sampai Rp 10 ribu per Kg, sawi manis dan pahit Rp 1.000 per Kg. \"Saat ini yang harga yang cukup tinggi yaitu terong yang mencapai Rp 3 ribu per Kg,\" demikian Murman. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: