Setres, Pelaku Nekat Buang Sampah Drainase

Setres, Pelaku Nekat Buang Sampah Drainase

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Setres karena masalah keluarga jadi alasan oknum petugas pengangkut sampah Dinas LHKP Kepahiang lakukan tindakan tidak baik. Ia membuang sampah ke dalam selokan atau drainase saat melaksana tugas pengangkutan sampah Rabu pagi (20/2) pukul 10.00 WIB dikawasan didepan makam Pahlawan Kelurahan Pasar Ujung. Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas LHKP Ariantomi SE didampingi Sekdis Teddy Adebah ST mengatakan baru mengetahui kejadian atau ulah buruk oknum anggotanya Kamis pagi (22/2) karena viral dimedia social facebook.

“Saya baru tahu tadi pagi, saat mendapatkan laporan itu kita langsung kumpulkan putas bersangkutan. Pelaku utama bernama Bambang sudah kita bina tadi, ia berlasan tengah setres karena ada masalah keluarga, sehingga melakukan bertindak tidak benar dalam melaksanakan tugas,” ujar Ariantomi.

Tomi sangat menyayangkan sikap tidak terpuji oknum anggotanya tersebut, sebab perbuatan pelaku melanggar SOP kerja Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan Pertamanan. “Tidak ada di SOP kita tindakan seperti itu, mereka tugasnya mengangkut sampah,” tegasnya. Pengakuan pelaku sampah yang dengan sengaja dimasukan kedalam drainase sebanyak 4 kantong plastik yang merupakan sampah duren.

“Sanksi yang diberikan pelaku membuat surat pernyataan, siap dipecat jika mengulangi perbutannya kembali,” tuturnya.

Saat menjalankan aksi pelaku Bambang bertugas bersama tiga rekannya yakni Rio, Hendri dan Sunar namun yang melakukan pembuangan sampah didalam selokan hanay Bambang. “Tadi sudah diakuinya yang melakukan pembuangan sampah kedalam drainase hanya Bambang. Dan pelaku sudah menyatakan kesanggupan untuk memungut kembali sampah yang dibuangnya,” kata Ariantomi.

Tomi menegaskan jika sanksi pemecatan bila terjadi perbuatan serupa berlaku untuk keempat pekerja. Jika melakukan kesalahan serupa akan dipecat atau diputus hubunggan kerja sebagai tenaga honor petugas kebersihan. Kamis pagi warga Kabupaten Kepahiang dihebohkan dengan beredarnya video singkat aksi petugas kebersihan yang lebih banyak membuang sampah kedalam selokan daripadi mengangkutnya kedalam truk sampah. Vidio yang bereda diakun facebook warga tersebut terjadi Rabu malam (20/2) hingga dibagikan puluhan kali oleh warga net. (320)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: