Februari, Pembukaan Jalan Dimulai

Februari, Pembukaan Jalan Dimulai

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Pembukaan jalan dari Desa Seblat menuju Desa Sungai Lisai Kecamatan Pinang Berlapis dan pembukaan jalan menuju Telaga Putri 7 Warna yang berada di Kecamatan Rimbo Pengadang akan dilaksanakan akhir Februari melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Kepala Bappeda Kabupaten Lebong, Ir Eddy Ramlan MSi mengatakan, bahwa pembukaan dua jalur jalan telah sepakat dengan TNI akan dilaksankan melalui program TMMD. Untuk pelaksanaan jika tidak ada halangan akan dilaksanakan pada akhir bulan Februari 2019 ini.

“Itu dari hasil rapat yang kita laksanakan bersama,” jelasnya, kemarin (18/02).

Setelah pembukaan jalan dari Desa Seblat menuju Desa Sungai Lisai selesai, juga akan dibangun pos pemantauan. Karena Desa Sungai Lisai merupakan desa yang berada di kawasan TNKS.

“Nanti itu akan kita bangun, untuk mewujudkan Desa Sungai Lisai menjadi Desa Konservasi,” ujarnya.

Sementara untuk pembukaan jalan menuju Telaga Putri 7 warna sepanjang 6 kilometer dan lebar 6 meter akan dibangun hingga perbatasan hutan lindung dan diujung jalan setelah dibuka, nantinya akan dibangun rest area. “Selanjutnya untuk menuju Telaga Putri 7 warna nantinya tetap dilakukan dengan berjalan kaki,” ucapnya.

Sementara itu, Dandim 0409 R/L, Letkol Kav Budi Wirman SSos mengatakan, bahwa pihaknya akan siap membantu untuk membuka jalan tembus Desa Seblat Ulu menuju Desa Sungai Lisai Kecamatan Pinang Berlapis dan jalan menuju Telaga Putri 7 warna. “Kita tinggal menunggu instruksi dari Pemkab Lebong, kapanpun kami akan siap,” tuturnya.

Pembukaan dua jalan tersebut menelan biaya masing-masing sebesar Rp 1,5 miliar dan Rp 1 miliar yang didapat dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Lebong tahun 2019. Keputusan dimulainya pembangunan setelah Pemerintah Kabupaten Lebong dalam hal ini Badan Perencanaan Pembangunan daerah (Bappeda), Dinas Pekerjaan Umum Penatan Ruang dan Perhubungan (Dinas PUPRP), Kodim 0409 R/L dan pihak Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS) melaksanakan rapat bersama di Kantor Bappeda, kemarin (18/02). (614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: