Tim Perakit Soal UASBN Dibentuk

Tim Perakit Soal UASBN Dibentuk

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress- Dalam menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) tingkat SD/Mi di Kabupaten Kaur pada 22-24 April 2019 mendatang, berbagai persiapan sudah dilakukan oleh Dinas Pendidikan (Dispendik) Kaur. Salah satunya degan membentuk tim perakitan soal sebanyak 27 orang. Tim ini dibentuk di SMA Muhamadiyah kemarin (18/2) melakukan sumpah dan pembukaan perakitan soal acara sendiri akan dilakukan selama tiga hari kedepan berakhir hingga 20 Februari mendatang.

“Tim perakitan soal untuk Ujian Sekolah (US) tingkat SD/MI, pesertanya terdiri dari tim guru jajaran SD se Kabupaten Kaur,” kata Kepala Dispendik Kaur Endi Yurizal SP kemarin, (18/2)

Disampaikan, dalam perakitan itu tim juga berdiskusi dengan bidang masing masing mengenai materi apa saja yang diajarkan kepada siswa masing-masing. Tujuannya jangan sampai soal yang dibuat terlalu jauh dari materi yang diberikan, dan dalam perakitan ini dilakukan sumpah, namun para tim perakitan diminta untuk tidak membocorkan soal yang telah di rakitnya.

“Para guru harus mendongkrak nilai nilai murid agar dapat memajukan pendidikan di wilayah Kabupaten Kaur jangan sekali kali malah karena ingin nilai tinggi soal di bocorkan,” terangnya.

Sementara itu, Kabid Pendidikan Dasar Lisarmawan SP menambahkan, mekanisme penyusunan soal kepada para tim berdasarkan kisi kisi USBN seperti menyusun, menelaah, dan melakukan uji coba soal USBN yang disusun oleh para guru guru dari satuan pendidikan. Dirinya meminta para guru harus menyesuaikan soal soal yang telah dirakit untuk sesuai dengan kemampuan anak agar di wilayah kabupaten Kaur tidak tertinggal dari kabupaten lainnya “Untuk tim perakitan soal berjumlah 27 orang dari berbagai guru SD Jajaran di Kabupaten Kaur dan untuk mata pelajaran yang di ujian berjumlah 3 mapel Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, USBN akan dilaksanakan selama 3 hari, mulai pada 22 - 24 April mendatang sementara ujian susulan selama 3 hari yakni pada tanggal 26 - 30 April nanti. hasil dari perakitan itu sebagai acuan untuk pembuatan soal USBN mendatang dan akan digunakan untuk ujian para siswa SD se Kabupaten Kaur. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: