26 Sekolah Dapat Bangunan Toilet

26 Sekolah Dapat  Bangunan Toilet

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan Bengkulu Selatan (BS), Ir Susmanto MM mengatakan, tahun 2019 ini pihaknya mendapat kucuran dana alokasi khusus (DAK) dari pemerintah pusat. Dana tersebut untuk pembangunan toilet sekolah SD dan SMP sederajat di Bengkulu Selatan.

“ Tahun 2019 ini, ada anggaran pembangunan toilet di 26 sekolah,” katanya.

Susmanto mengatakan, DAK yang diterima sebesar hampir RP 1,8 Miliar. Adapun rinciannya yakni 16 SD mendapat bangunan toilet baru. Masing-masing sekolah mendapat bantuan dana sebesar Rp 85 juta.

Kemudian ada 7 SD mendapat rehab toilet. Anggarannya bervariasi antara Rp 11 juta hingga RP 22 juta persekolah. Kemudian untuk jenjang SMP,ada 3 SMP mendapat bantuan rehabilitasi toilet. Besaran dana habilitasi toilet SMP, masing-masing sekolah mendapat bantuan Rp 70 juta.

“ Bantuan DK rehab toilet SMP yakni untuk rehab toilet guru dan siswa,” ujarnya.

Susmanto menambahkan, sekolah yang menerima bantuan tersebut yakni sekolah yang sudah mengusulkan sebelumnya. Hanya saja, dirinya belum tahu secara pasti sekolah mana saja yang mendapat bantuan pembanguna toilet tersebut. Meskipun pada tahun ini banyak sekolah yang mendapat bantuan pembangunan toilet, Susmanto mengaku masih banyak sekolah SD dan SMP sederajat di Bengkulu Selatan yang kondisi toiletnya memperihatinkan. Bahkan masih ada sekolah yang hanya memiliki 1 toilet, sehingga antara guru dan siswa harus bergantian.

“ Untuk sekolah yang belum dapat bantuan toilet, tahun depan kita usulkan lagi, agar nantinya bisa mendapat bantuan, sehingga tidak ada lagi nantinya sekolah di Bengkulu Selatan yang hanya memiliki satu toilet atau kondisi toiletnya rusak,” terang Susmanto. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: