Puluhan Kades Diberi Pencerahan

Puluhan Kades Diberi Pencerahan

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Puluhan Kepala Desa (Kades) dan perangkatnya di wilayah Kecamatan Kaur Selatan diberikan pencerahan, terkait dengan pengelolaan dana Desa (DD) serta alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2019 ini, oleh Tim Ahli Pendamping (TAP) Kabupaten DD dan ADD. “Tujuannya sosialisasi Perbub terkait DD serta memberikan arahan kepada para Kades dan perangkatnya mengenai teknis pengelolaan DD dan ADD,” kata TAP Kabupaten Kaur Supar ST kemarin, (12/2).

Dikatakannya, dengan terbitnya Perbub yang terbaru mengenai jumlah alokasi DD serta teknisnya ini, maka banyak yang perlu dipelajari ulang oleh sejumlah pengelola DD dan ADD. Apalagi tahun 2019 ini banyak kades yang sudah habis masa jabatannya dan dijabat oleh Plt. Sehingga mereka juga perlu diberikan pembinaan agar nantinya dalam menyusun APBDes tidak menyimpang dari garis yang telah ditentukan.

“Desa juga diminta dalam menyusun ABDes tetap berkoordinasi dengan tim pendamping baik Pendamping Lokal Desa (PLD) hingga Pendamping Tingkat Kecamatan,” ujarnya.

Ditambahkannya, sosialisasi Perbub DD di aula Kantor Camat Kaur Selatan kemudian nanti akan dilanjutkan dengan kecamatan lain yang ada di Kabupaten Kaur secara bergilir. Harapannya meski saat ini DD dan ADD belum dikucurkan namun nantinya desa sudah bisa menyusun apa saja yang dibutuhkan desanya untuk pembangunan tahun ini.  “Tujuan sosialisasi ini memberikan pencerahan dengan para kades salah satunya terkait teknis penyusunan APBDes di desa masing-masing dan apa saja yang bisa dibelanjakan melalui DD dan ADD,” tandasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: