Peserta UN, 2963 Siswa

Peserta UN, 2963 Siswa

\"ujian\"CURUP, BE - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tinggal menghitung hari.Sejumlah persiapan terus dilakukan Dinas Pendidikan Kabupaten Rejang Lebong, menjelang detik-detik penentuan kelulusan siswa melalui ujian nasional.  Dinas Pendidikan setidaknya telah mencatat peserta ujian nasional, total peserta 2963 siswa dengan rincian 1015 siswa SMK dan 1948 siswa SMA akan mengikuti UN pada April mendatang.

\"Pelaksanaan UN akan diselenggarakan 2 kali, April ujian nasional tingkat SMA dan SMK. Sedangkan tingkat SMP dan SD akan dilaksanakan pada bulan mei mendatang,\" ujar Kepala Dinas Pendidikan RL, Syafewi SPd MM.

Untuk jumlah peserta UN tingkat SMP sebanyak 4029 siswa. Sedangkan SD sebanyak 5003 siswa, sedangkan sistem soal ujian belum bisa kita pastikan apakah sama dengan tahun lalu atau tidak tetapi kalau mekanisme pelaksanaan saya rasa tidak ada perubahan. \"Soal ujian akan dititipkan ke Polres RL sebelum dibuka pelaksanaan ujian, demi kelancaran dan meminimalisir kebocoran soal,\" ujar Syafewi.

Di bagian lain, Syafewi kembali berharap pihak sekolah benar-benar memaksimalkan persiapan siswa baik dari segi mental dan persiapan materi siswa yang akan menghadapi UN, seperti try out.  \"Para pelajar yang akan menghadapi UN, saya minta agar tidak menyia-nyiakan waktu yang ada sebelum menghadapi UN. Sebab, hal itu sangat memberikan pengaruh terhadap nilai yang akan dicapai dalam UN sebagai syarat kelulusan siswa,\" ujar Syafewi.

Tak hanya itu, sambung Syafewi, guru BK juga sangat diharapkan peran sertanya, sehingga siswa benar dalam kondisi siap lahir dan batin saat pelaksanaan ujian.  \"Salah satu faktor penyebab kegagalan siswa dalam UN adalah mental siswa. Jika siswa tidak dalam kondisi tingkat stresing yang tinggi maka saya yakin siswa tersebut akan sukses menjalanlan ujian,\" ujar Syafewi. (999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: