18 Februari UN Kopetensi SMK

18 Februari UN Kopetensi SMK

\"images\" BENGKULU, BE - Badan Standar Pendidikan Nasional (BSNP) telah menentukan jadwal pelaksanaan uji praktek kompetensi yang dilaksanakan serentak seluruh SMK se-Provinsi Bengkulu. Bagian dari kegiatan UN ini, akan dilaksanakan mulai 18 Februari hingga 24 Maret 2013. Panjangnya rentang waktu pelaksanaan ini, diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh SMK.

\"Jadwal uji praktek ini lebih panjang dibandingkan uji praktek, selama 1 bulan itu sekolah harus menyelesaikan seluruh uji praktrek  dengan bekerjama dengan Dunia Usaha dan Industri (DUDI),\" ungkap Kabid Dikmenti, Drs Nurafik MPd.

Selain itu dalam rentang waktu yang telah ditentukan itu, pihak sekolah dapat menentukan jadwalnya sesuai dengan kesepakatan dengan DUDI. Sedangkan untuk penentuan rekanan ini harus disesuaikan dengan kompetensi yang akan diujikan. Seperti bekerjasama dengan PT ASTRA dan Hotel Santika.

Sementara itu, dalam waktu dekat ini Dispendik Provinsi juga akan membagikan Compact Disc (CD) uji praktek kompetensi. Soal praktek uji kompetensi tersebut juga berasal dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).  Yang isinya berupa copian CD yang berisi pedoman pelaksanaan, pedoman penilaian dan instrumen verifikasi sekolah. \"Silahkan isian CD itu digandakan,\" terangnya.

Seperti yang diketahui, selain mengikuti ujian praktik kompetensi, mereka juga diwajibkan untuk mengikuti Ujian Teori Kejuruan. Hasilnya ini akan diperhitungkan dalam Ujian Nasional.

\"Selain ujian praktik, pelajar SMK juga akan mengikuti ujian teori. Ujian teori ini dalam rangka peningkatan mutu. Agar pelajar SMK tidak hanya mahir praktik, tapi juga mampu dalam teori,\" jelasnya. (128)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: