30% Lampu Jalan Rusak

30% Lampu Jalan Rusak

CURUP, Bengkulu Ekspress - Dari total sekitar 2.700 titik lampu jalan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, sekitar 30 persennya mengalami kerusakana atau tidak berfungsi lagi. Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Rejang Lebong, Ir Afnisardi MM menjelaskan, kerusakan lampu jalan tersebut baik karena bohlamnya sudah putus maupun karena ulah oknum yang tidak bertanggungjawab seperti hilangnya aki untuk lampu jalan tenaga surya.

\"Dari pendataan yang kita lakukan, sekitar 30 persen lampu jalan yang ada di Rejang Lebong ini tak berfungsi,\" sampai Afni.

Menurut Afni, lampu jalan yang mengalami kerusakan tersebut sebagian besar ada diwilayah Kota Curup. Karena memang jumlah lampu jalan terbanyak ada dikawasan Kota Curup. Meskipun banyak lampu jalan di Kabupaten Rejang Lebong yang rusak, namun menurut Afni pihaknya tidak bisa melakukan perbaikan secara keseluruhan, karena memang anggaran untuk perbaikan lampu jalan yang mereka miliki setiap tahunnya terbatas.

\"Kalau untuk anggaran perbaikan setiap tahunnya terbatas, paling banyak hanya untuk 40 titik, dan setiap tahun juga lampu jalan bertambah yang rusak,\" papar Afni.

Biaya untuk perbaikan lampu jalan sendiri, Afni mengaku cukup mahal, ia mencontohkan untuk lampu jalan yang menggunakan tenaga surya, sebagian besar kerusakannya karena adanya aksi pencurian aki. Harga aki untuk lampu surya sendiri, menurut Afni cukup mahal, dimana satu akinya bisa mencapai Rp 10 juta. \"Karena untuk kebaikan bersama, kami berharap adanya dukungan dari masyarakat untuk menjaga lampu jalan yang kita milik,\" harap Afni.

Sementara itu, terkait dengan kebutuhan lampu jalan di Kabupaten Rejang Lebong sendiri, menurut Afni saat masih jauh dari kata ideal, karena dengan dengan panjang jalan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong saat ini minimal ada sebanyak 15 ribu titik lampu jalan di Kabupaten Rejang Lebong atau setiap 100 meter ada lampu jalan. \"Kalau kita mau seluruh jalan di Rejang Lebong ini terang, minimal kita harus memiliki 15 ribu lampu jalan, sekarang yang ada baru 2.700 titik dan ditambah tahun ini ada pengadaan 400 titik lampu jalan,\" demikian Afni.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: