Hidupkan Budaya Daerah

Hidupkan Budaya Daerah

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Seluruh Pengurus Lembaga Adat Kaur (Laku) diminta untuk kembali menghidupkan dan mengembangkan budaya daerah. Hal ini agar tidak menghilang serta tergerus pada generasi mendatang. Sebab dengan peranan aktif dari Laku untuk membangkitkan kembali gairah seni dan budaya maupun kearifan lokal Kabupaten Kaur.

“Kini budaya daerah sudah mulai pudar, untuk itu saya minta kepada pengurus Laku menghidupkan kembali budaya daerah ini, agar nantinya dapat dipelajari oleh generasi penerus,” kata Kepala Dispendik Kaur, Endy Yurizal SP melalui Kabid Kebudayan, Sri Rahayu SPd beberapa hari lalu.

Dikatakan Sri, diera globalisasi ini banyak pagelaran seni yang menampilkan kearifan budaya lokal dan dikemas dengan ciri khas menarik serta apik, namun kenyataannya kurang diminati sebagian orang. Adat istiadat dan budaya Kabupaten Kaur dalam masyarakat kita mulai memudar, terutama dalam diri anak-anak muda saat ini. Salah satunya hiburan tradisional kita seperti maingan yang mana saat ini maingan telah dilupakan dengan diganti hiburan organ tunggal.

“Ini seharusnya ini perlu ada sentuhan dan inovasi maupun kreasi dalam mengemas kesenian, sehingga membangkitkan minat masyarakat untuk mencintai budaya Kaur lagi,” terangnya.

Ditambahkannya, budaya merupakan aset yang tak ternilai harganya. Sebab ini merupakan warisan turunan nenek moyang ratusan tahun lalu dan tugas kita adalah melestarikan kepada generasi selanjutnya.

Apalagi setiap budaya yang dimiliki dari masing-masing memiliki ciri khas masing-masing. “Kepada masyarakat diminta untuk selalu menjaga dengan baik budaya Kaur agar tidak hilang ditelan zaman, karena kita generasi mudah inilah penerusnya,” jelasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: