Berantas DBD dengan Ikan dan Tanaman

Berantas DBD dengan  Ikan dan Tanaman

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Meningkatnya penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Lebong pada tahun 2018 yang mencapai 116 lebih kasus, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebong, ajak masyarakat untuk bersama-sama memberantas DBD dengan cara menanam tanaman pengusir nyamuk dan memelihara ikan pemakan jentik nyamuk.

Kasus DBD di tahun 2018 yang lalu, meningkat drastis dari tahun 2017 yang hanya sebanyak 79 kasus. Siklus DBD bisa terjadi pada bulan November hingga bulan Maret. Hal tersebut dikarenakan pada akhir tahun terjadi musim hujan dan pada awal tahun juga masih sering terjadi hujan dan genangan air yang merupakan tempat berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypti pembawa virus penyebab DBD.

Kepala Dinkes Kabupaten Lebong, rachman SKM Msi, mengatakan bahwa sosialisasi kepada masyarakat oleh pihaknya bersama petugas Pusat Kesehatan MAsyarakat (PUskesmas) terus dilaksanakan. Mulai dari tidak menampung air hujan dalam waktu yang lama, mengubur tempat penampungan air yang tidak berguna maupun menguras bak pemandian minimal 1 kali dalam 1 minggu.

“Karena nyamuk Aedes Aegypti berkembang biak di air yang bersih dan jernih,” sampainya, kemarin (31/01). Selain itu, pihaknya juga mengajak masyarakat untuk menanam tanaman pengusir nyamuk seperti, tanaman serai, suren. Lavender, kecombrang, Selasih, Zodia, Rosemary serta tanaman lainnya yang baunya tidak disukai oleh nyamuk.

“Karena selain mengusir dengan melakukan penanaman tanaman tersebut, juga dapat memperindah halaman,” ucapnya Selain itu, nyamuk-nyamuk dewasa sangat suka bersembunyi seperti di pakaian-pakaian yang tergantung, terutama pada pakaian bekas pakai. Hal ini dikarenakan nyamuk sangat menyukai aroma tubuh manusia.

“Serta tidak menggantung pakaian bekas pakai, dapat memutus siklus perkembangbiakan nyamuk DBD,”ujarnya.

Untuk memberantas jentik nyamuk, masyarakat bisa memelihara ikan didalam rumah, baik itu di dalam bak mandi dan Aquarium yang juga dapat dijadikan sebagai hiasan rumah. Adapun ikan yang menjadi predator atau pemakan jentik nyamuk seperti ikan cupang, cera, ikan nila merah, ikan kepala timah, ikan mas, ikan cetul dan ikan jenis lainnya.

“Selain memakan jentik nyamuk, ikan juga dapat membersihkan kotoran yang menempel di bak mandi,” jelasnya. Dengan demikian, maka masyarakat akan sangat membantu memberantas DBD di Kabupaten Lebong, dengan membantu menanam tanaman, memelihara ikan dan menjaga kesehatan lingungan. Makah al tersebut sudah sangat membantu. “Tidak ada salahnya kita bersama-sama untuk menjaga kesehatan untuk diri sendiri maupun orang lain,” ajaknya.(614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: