Kades & Bendahara Desa Belajar Pajak

Kades & Bendahara  Desa Belajar Pajak

CURUP, Bengkulu Ekspress- Guna memberikan informasi terkait pentingnya pajak bagi pembangunan bangsa, puluhan Kepala Desa (Kades) dan bendahara dikumpulkan di Aula Kantor Camat Binduriang, Rabu (30/1) kemarin. Kegiatan mengumpulkan para Kades dan bendahara desa tersebut dimotori oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta Inspektorat Kabupaten Rejang Lebong. Dengan narasumber yang dihadirkan yaitu account representative dari KPP Pratama Curup.

Dalam sambutannya saat membuka acara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Gunawan Firmansyah SSos mengingatkan para Kades dan bendahara desa terkait pentingnya pajak bagi pembangunan negara. Karena menurut Gunawan, pajak merupakan sumber pendatapan negara saat ini.

\"Hari ini para Kades dan bendahara desa kita kumpulkan agar benar-benar paham dan mengerti mengenai pajak, karena kita datangkan langsung dokter pajak dari KPP Pratama Curup,\" sampai Gunawan.

Lebih lanjut Gunawan mengingatkan para perangkat desa untuk tidak bermain-main terkait dengan pajak, karena menurutnya masalah pajak dapat beralih ke masalah hukum. Gunawan juga mengingatkan agar peserta kegiatan dapat mengambil manfaat dari kegiatan yang mereka laksanakan, karena dari kegiatan tersebut mereka akan paham terkait hak dan kewajiban perpajakan.

\"Kegiatan ini banyak sekali manfaatkan, seperti kita akan tahu cara menghitung pajak, menyetorkan pajak, mempertanggungjawabkan pajak yang telah diambil hingga proses melaporkan ke KPP Pratama Curup,\" terang Gunawan.

Dalam kesempatan tersebut, Gunawan juga mengingatkan para pendamping desa untuk mendampingi dan mengawal apara desa dalam segala hal tak terkecuali masalah perpajakan. Dengan keterlibatan semua pihak tersebut, maka Gunawan berharap agar tahun 2019 ini ada peningkatan jumlah penerimaan pajak khususnya dari desa.

Sementara Perwakilan Inspektorat Kabupaten Rejang Lebong, Eka Junaini mengapresiasi kedatangan tim KPP Pratama Curup. Ia berharap kepatuhan penggunaan Dana Desa dan ADD dalam hal pajak dapat meningkat. Menurut Eka, dalam pemeriksaan intern, pihaknya selalu mengingatkan untuk patuh membayar pajak. \"Kita sangat mengapresiasi kegiatan ini untuk meningkatkan kepatuhan mengenai pajak, meskipun dalam setiap pemeriksaan kita selalu mengingatkan terkait dengan pajak,\" Eka.

Di sisi lain, Perwakilan dari KPP Pratama Curup, Yadi Anang menjelaskan kedatangan tim dari KPP Pratama Curup untuk menjembatani aparat desa dengan KPP Pratama Curup, sehingga menurutnya hambatan selama ini yang terjadi dapat dihilangkan. \"Dengan adanya kegiatan ini, kita berharap tak ada masalah lagi dari aparat desa baik dari Kades maupun bendahara desa terkait dengan pajak,\" harap Yadi.

Kegiatan yang dihadiri oleh Kades dan bendahara dari tiga kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Binduriang, Sindang Kelingi dan Padang Ulak Tanding tersebut dilanjutkan dengan penberian materi perpajakan terkait hak dan kewajiban bendahara desa oleh Tim dari KPP Pratama Curup. Materi yang disampaikan berupa contoh kasus dan pengenaan pajaknya sesuai dengan aturan perpajakan yang berlaku.

Di akhir.materi diingatkan kembali bahwa Dana Desa yang dikelola oleh Aparat Desa sumber utamanya berasal dari Pajak. Sehingga peran aktif mereka memungut dan membayar pajak akan menjaga kesinambungan pembangunan desa dengan kerja ikhlas, keras dan cerdas. Setelah pemberian materi dan tanya jawab, kegiatan dilanjutkan dengan sesi monitoring pelaksanaan kewajiban perpajakan masing-masing desa.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: