Pemprov Tunggu Persetujuan Bupati

Pemprov Tunggu Persetujuan Bupati

Penyaluran Dana Bergulir

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress - Penyaluran dana bergulir ke koperasi di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) hanya tinggal selangkah lagi. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu akhirnya bersedia mengeluarkan rekomendasi agar dana pinjaman koperasi kembali disalurkan.

Hanya saja, rekomendasi dari Pemprov baru bisa dikeluarkan setelah ada surat persetujuan dari Bupati Bengkulu tengah, Dr H Ferry Ramli SH MH.

\"Usulan sudah sekian lama disampaikan ke Biro Organisasi Pemprov. Pemprov tak bersedia mengeluarkan rekomendasi jika belum dilengkapi dengan dokumen tentang dukungan dari bupati. Mereka tak mau hanya sebatas lisan, melainkan secara tertulis,\" kata Sekretaris Disperindagkop dan UKM Kabupaten Bengkulu tengah, Sri Yurdaniah SE MSi, Senin (28/1).

Dijelaskan Sri, rekomendasi dari Pemprov merupakan salah satu syarat agar Perbup tentang Penyaluran Dana Bergulir bisa dikeluarkan.  Mendukung hal itu, Sri mengaku telah menyusun dokumen persetujuan bupati agar semua syarat lengkap.

\"Setelah Perbup tentang Penyaluran Dana Bergulir disahkan, kami akan langsung melantik pejabat pada UPTD dana bergulir. UPTD inilah yang nantinya akan mengantur teknis penyaluran dana ke rekening koperasi penerima manfaat,\" paparnya.

Sebelumnya, jelas Sri, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Bengkulu tengah sudah menyalurkan dana bergulir ke 33 koperasi di Kabupaten Bengkulu tengah.

Dana yang disalurkan dimanfaatkan oleh pengelola koperasi untuk berbagai kegiatan. Sebagian besar dibidang simpan pinjam.

Akan tetapi, pemberian bantuan kepada koperasi terpaksa dihentikan pada tahun 2017 lalu dikarenakan BPK menyebutkan bahwa kegiatan tersebut belum memiliki payung hukum yang kuat. \"Setelah payung hukum penyaluran dana bergulir selesai. Dana bergulir akan kembali kami salurkan. Ditarget, dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Perubahan tahun 2019 ini dana bergulir bisa disalurkan,\" harap Sri.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: