Dinsos Sediakan Alkes untuk Disabilitas

Dinsos Sediakan  Alkes untuk Disabilitas

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus di Kota Bengkulu terus mendapatkan perhatian dari pemerintah. Salah satunya dengan memberikan bantuan berupa alat-alat kesehatan (alkes) yang dibutuhkan sesuai dengan kriteria penyakit.  Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bengkulu, Ir Syahrul Tamzie mengatakan alkes yang disediakan pemerintah berupa kursi roda, tongkat, alat pendengar dan beberapa jenis lainnya.

\"Bantuan alat kesehatan ini dialokasikan setiap tahun di dalam APBD kota, dan penyalurannya dilakukan tepat sasaran sesuai laporan yang ada,\" kata Syahrul, kemarin (27/1).

Ia menjelaskan, untuk mendapatkan bantuan ini, masyarakat bisa menyampaikan laporan atau permintaan ke Dinsos Kota Bengkulu serta menyerahkan identitas diri calon penerima bantuan.  Selanjutnya, tim akan turun ke lapangan untuk melakukan verifikasi, jika sudah sesuai dengan kriteria maka bantuan alkes tersebut bisa disalurkan.

\"Jadi, kami ini ada laporan dari masyarakat, dan ada juga petugas pendampingan untuk mengecek kebenaran data itu di lapangan. Kalau memang masyarakat itu betul membutuhkan dan dia tidak mampu, bisa kita kondisikan alat apakah dia butuh, kursi roda atau alkes yang lain,\" jelasnya.

Tahun 2018 lalu, setidaknya sudah ada sekitar 25 orang penyandang disabilitas yang mendapatkan bantuan tersebut, maka di tahun ini program tersebut akan tetap berjalan dan meminta masyarakat atau pihak keluarga untuk menghubungi Dinsos jika membutuhkan bantuan ini, dengan syarat penerima memiliki latar belakang sebagai keluarga kurang mampu.  \"Kita juga ada program bantuan modal usaha untuk disabilitas, tetapi belum tahu apakah berbentuk uang tunai atau barang, karena saat ini kita masih mengikuti rakor di Bandung,\" pungkasnya. (805)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: