Mobil Bumdes untuk Evakuasi Warga

Mobil Bumdes untuk Evakuasi Warga

AIR PERIUKAN, Bengkulu Ekspress - Kepala Desa PAdang Pelasan Akhirudin, mengharapkan desanya mendapatkan mobil dinas untuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Pasalnya, kendaraan oprasional bantuan dari Bidang Perhubungan tersebut sangat dibutuhkan Desa Padang Pelasan.

Untuk mengevakuaso warga desa saat banjir yang sering melanda desa tersebut. Untuk itu, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) kabupaten Seluma, diminta cermat dalam penetapan pengguna mobil dinas Bumdes tersebut.

“Kami salah satu desa rawan banjir bila terjadi hujan terus menerus. Evakuasi warga yang efesien menggunakan kendaraan bukan seperti alakadarnya seperti saat ini,\'\' ujar Akhirudin kepada Bengkulu Ekspress kemarin (23/1).

Dari 4 dusun di Desa Padang Pelasan, dua diantaranya kerap mengalami banjir setiap kali hujan lebat turun. Kareanya, kendaraan evakuasi dibutuhkan agar lebih cepat dan bisa menghindari korban jiwa. Ditambah lagi usia warga di beberapa dusun rawan banjir memang sangat rentan. “Kita mengharapkan kendaraan operasional untuk bumdes. Sembari digunakan untuk kepentingan warga,” imbuhnya.

Ahkirudin mengharapkan, agar dinas perkim bisa memprioritaskan Desa Padamh Pelasan mendapatkan kendaraan dinas. Sekalipun keberadaan desa padang pelasan di tepian jalan. Desa Padang Pelasan juga bagian dari desa rawan bencana.

Kepala Dinas Perkim Kabupaten Seluma Erlan Suadi SP MAP, menerangkan, pada 2019, sebanyak 29 unit kendaraan dinas bagi Bumdes sudah diusulkan ke Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT) dan sudah disetujui.

Kedepan kendaraan dinas tersebut tidak lagi dalam bentuk plat merah. Melainkan dalam bentuk plat kuning, seperti pada 2018. Dengan harapan pemanfaatan kendaraan tersebut bisa sepenuhnya digunakan Bumdes.

“Usulan kita sudah di rekomendasikan dan ada tahapan yang harus dilalui terlebih dahulu untuk pengadaanya,”imbuhnya.

Erlan menambahkan, kendaraan yang diusulkan itu terdiri dari Carry, Pick Up dan double gardan. Sebanyak 4 unit diperuntukkan pada Bumdes di kecamatan Air periukan dan memang satu unitnya untuk Bumdes Sumber Rezeky milik Desa Padang Pelasan. “Bagi yang sudah memiliki Bumdes dan berbadan hukum, maka kita berikan. Untuk tahun ini mobil Bumdes sudah ada peruntukannya. Bumdes lain menyusul ditahun mendatang,” imbuhnya singkat.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: