700 Guru Daftar UKG

700 Guru Daftar UKG

\"medium_22UKG\"BINTUHAN,BE- Untuk mendapatkan sertifikasi, guru diwajibkan mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) yang digelar langsung Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Bengkulu. UKG sudah dilakukan secara online sejak tahun 2011 lalu. Ujian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan dan keahlian para guru. Sehingga nanti guru dikelompokan berdasarkan kemampuan mereka. Untuk tahun 2013 ini jumlah guru yang terdaftar sebanyak 700 orang guru bakal melakukan uji kemampuan. Jika tidak mengikuti UKG, maka guru tidak akan dapat mengajukan sertifikasi.

\"Tahun ini lebih banyak pendaftar dibanding tahun lalu mencapai 400 guru, namun tahun ini pesertanya sebagian guru yang tidak lulus tahun 2011 dan tahun 2012 yang lalu,\" ujar Kadispenbud Kaur M Daud Abdullah SPd melalui Kasubag Kepegawaian Medi Mursalin SPd, kemarin.

Dikatakan Medi, jadwal UKG saat ini masih menunggu petunjuk terlebih dahulu, namun biasanya akan digelar bulan April mendatang. Karena saat ini sitem online maka pelaksanaanya akan segera dilakukan. Namun untuk pelaksanaan UKG ini hanya untuk pemetaan kemampuan atau kompetensi guru saja. Sebagai prioritas, guru bersertifikat mendapat giliran pertama dulu. \"Makanya UKG untuk saat ini hanya pemetaan guru, namun masih juga dinilai lulus atau tidaknya. Mengingat UKG sebagai salah satu memperoleh sertifikasi,\" jelasnya.

Program sertifikasi guru, tambah Medi, telah beberapa kali dilakukan perbaikan dan penyempurnaan format. Tujuannya adalah supaya nantinya betul-betul dihasilkan guru  yang berkualitas dan memiliki kemampuan mumpuni sebagai pengajar.

Bagi guru yang  sudah mendaftar maka harus bersiap-siap untuk mengikuti pemetaan. \"Kita harapkan dengan UKG ini  guru akan semakin berkwalitas, karena saat ini semua elemen pendidikan khususnya guru dituntut  untuk lebih profesional dalam pendidikanya,\" jelasnya.(823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: