Belasan Perguruan Tinggi Ikuti Edu Fair MGBK

Belasan Perguruan Tinggi Ikuti Edu Fair MGBK

 

BENGKULU, BENGKULU EKSPRESS - Belasan Perguruan Tinggi di Indonesia, mengikuti Education Fair (Edu Fair) yang diselenggarakan Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK). Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Extra, Kota Bengkulu, kemarin (8/1). Kegiatan ini dibuka Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu, Drs Budiman Ismaun MPd dan dihadiri pula Anggota DPR RI Dewi Coryati serta ratusan pelajar se-Provinsi Bengkulu. Budiman Ismaun MPd mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan MGBK ini. Dia mengharapkan kegiatan ini mampu membimbing siswa/siswi kelas XII bisa melanjutkan kuliah di Perguruan Tinggi Negeri atau sekolah ikatan dinas.

\"Ini membawa keberuntungan bagi siswa. Bisa mendapat nformasi dari perguruan tinggi yang hadir, \" kata Budiman.

Pameran pendidikan itu diikuti 16 Perguruan Tinggi diantaranya, Universitas Indonesia, Esa Unggul, Universitas Amikom Yogjakarta, Politeknik Ketenagakerjaan, Universitas Sebelas Maret, Institut Teknologi Bandung, Universitas Andasal, Universitas Gajah Mada, Universitas GUnadarma, LPTK Bengkulu Duta Hotel, Institut Diponegoro, dan Universitas Apdjajaran.

Menurut Budiman, selama ini, banyak siswa/siswi di Bengkulu yang belum beruntung masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Padahal secara akademik mereka mampu dan pintar. Pada kesempatan, para siswa hendanya bisa mendapatkan informasi sebanyaknya tentang pendidikan di perguruan tinggi. Siswa juga hendaknya bisa memilih dengan tepat tempat kuliahnya nanti.

\"Disini siswa hendaknya bisa memilih tempat kuliah yang tepat dan tidak bingung lagi,\" cetusnya.

Budiman berpesan pada guru Bimbingan Konseling (BK) membimbing siswa/siswi supaya dapat menyalurkan siswa/siswi sesuai dengan cita-cita karirya. Selama ini guru BK hanya dikenal sebagai tenaga pendidik yang menagani siswa/siswi nakal.

\"Guru BK harus tahu betul kemampuan peserta didik dan melihat peluang masuk perguruan tinggi. saya harap siswa/siswi Bengkulu bisa bersaing dengan pelajar dari luar Bengkulu dan diterima PTN.\" pintanya.

Apresiasi juga disampaikan Anggota DPR RI Hj Dapil Bengkulu Dewi Coryati MSi. Menurutnya, kegiatan ini memberikan kesempatan terhadap beberapa sekolah dan instansi serta siswa/siswi untuk mendapatkan gambaran dalam meraih cita-citanya. Langkah ini bisa menjadi alternatif bagi para lulusan dari Bengkulu, dalam memilih pendidikan yang diikutinya nanti.  

\"Dengan semakin banyaknya pelajar kita mengikuti pameran pendidikan dapat memberikan pengetahuan bagi mereka harus melanjutkan pendidikannya kemana,\" imbuhnya.  

Dewi Qoryati berharap dengan adanya pameran pendidikan seperti ini, maka semakin banyak siswa wa Bengkulu pendidikannya. Karena pemerintah telah menyediakan beasiswa.

\"Jangan sampai ada mahasiswa terputus pendidikanya gara-gara tidak ada biaya,\" katanya.

Tahun ini, kata Dewi Qoryati, dirinya telah memperjuangkan 700 beasiswa bidikmisi bagi mahasiswa kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan di tingkat perguruan tinggi. Beasiswa ini berlangsung selama delapan semester.

\"Program ini memastikan mahasiswa yang pintar, tetapi kurang mampu tetap bisa menjadi sarjana, \" jelasnya. Ketua MGBK yang juga ketua Pameran Pendidikan Zulfarianis SPdi menuturkan, Edu Fair dilaksanakan selama dua hari, dari 8-9 Januari 2019, di Hotel Extra. Kegiatan ini diikuti ratusan pelajar kelas XII tingkat SMA/SMK/MA se-Provinsi Bengkulu. Pada edu fair 2019 ini masing-masing perguruan tinggi memberikan layanan konsultasi universitas. (247)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: