Cawagub Diserahkan Gubenur

Cawagub Diserahkan Gubenur

Empat Nama Dipilih Dua

BENGKULU, Bengkulu Ekspress-Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA telah melakukan pertemuan dengan empat partai pengusung pencalonanya pada pemilihaan kepala daerah (pilkada) tahun 2015 lalu. Empat partai pengusung itu ialah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Hanura, PKPI dan Partai Nasdem.

Hasil pertemuan itu, Gubernur menyerahkan sepenuhnya kepada parpol pengusung untuk menentukan siapa yang layak diusulkan menjadi calon wakil gubernur (cawagub) mendampinginya sampai akhir masa jabatan tahun 2021 mendatang. Parpol pengusung bersepakat, calon wagub itu akan disampikan ke Gubernur pada bulan Januari ini.

\"Target kita bulan Januari ini sudah diserahkan ke Gubernur,\" terang Ketua DPW PKB Provinsi Bengkulu, Herliado kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (7/1).

Dari hasil sementara, empat parpol pengusung masih bersepakat untuk mengusung ketua-ketua parpol sebagai cawagub. Dari PKB nama Herliado, dari Partai Hanuari yaitu Muslihan, dari PKPI Harmedi Rian dan dari Nasdem masih masuk dua opsi antara nama Erna Sari Dewi dan Dedi Ermansyah yang juga mantan Ketua DPW Nasdem Provinsi. Nanti nama-nama yang diseleksi menjadi empat nama cawagub itu disampikan ke gubernur untuk dipilih dua cawagub.  \"Intinya nanti kita serahkan empat nama, untuk dipilih gubernur menjadi dua nama,\" tambahnya.

Untuk mempercepat itu, Herliado meminta dengan semua parpol pengusung dapat melakukan pertemuan bersama pada minggu ini. Ketika nantinya ada kesempatan, maka masing-masing parpol bisa mempercepat proses pengajuan. \"Dalam minggu ini, kita jadwalkan bisa ketemu bersama dulu,\" papar Herliado.

Senada, Sekretaris DPD Partai Hanura Provinsi Bengkulu, Usin Abdisyah Putra Sembiring mengatakan, pertemuan memang sudah dilakukan dengan gubernur. Tinggal lagi parpol pengusung untuk menentukan masing-masing calon wagub yang akan diusulkan bersama.  \"Kalau dari Hanuari itu sudah bulat pak Muslihan kita usulkan. Sekarang kita tunggu dari parpol pengusung lainnya,\" ungkap Usin.

Siapapun yang diusulkan nanti, menurut Usin, orangnya harus benar-benar tepat. Sebab, tugas wagub nanti ialah membantu kinerja gubernur menyelesaikan program-program yang sudah dijanjikan sewaktu masa kampanye. \"Orangnya nanti jangan sampai merecoki kinerja gubernur. Itulah pentingnya peran wakil untuk membantu,\" tambahnya.

Setelah semua parpol pengusulkan dan gubernur memilih dua nama, maka nama-nama itu akan disampikan ke pengurus pusat masing-masing parpol. Sehingga pangurus pusat bisa memberikan persetujuan secara tertulis. Setelah itu, barulah nantinya keputusan dewan pimpinan pusat (DPP) diserahkan ke gubernur. Baru gubernur bisa menyerahkan dua nama itu ke DPRD untuk dipilih satu orang sebagai wakil gubernur. \"Prosesnya memang begitu. Mudah-mudahan tidak terlalu lama prosesnya,\" terang Usin.

Disisi lain, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah saat ini dirinya hanya bisa menunggu nama-nama yang diusulkan. Sebab, sampai saat ini nama-nama yang digadang-gadang itu belum sampai ke tangannya untuk dipilih. \"Prosesnya kita serahkan ke parpol pengusung. Nama-namanya kita tunggu,\" tandas Rohidin. (151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: