Target PAD Turun Rp 5 Miliar

Target PAD Turun Rp 5 Miliar

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress - Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) pada tahun 2019 ini telah ditetapkan sebesar Rp 20 Miliar. Demikian disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Benteng, Welldo Kurniyanto SE MM, melalui Kabid Anggaran, Ade Christanto SSTP, kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (6/1.)

Ade menyampaikan bahwa terjadi penurunan target PAD pada tahun 2019 ini. \"Pada tahun 2018 lalu, target PAD ditetapkan sebesar Rp 25 miliar. Angka tersebut sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan target tahun 2019 ini,\" jelas Ade.

Agar target yang telah ditetapkan berhasil terkumpul, Ade menegaskan, pihaknya harus bekerja keras untuk merealiasikan target yang telah ditetapkan pada tahun 2019 ini. Terlebih lagi, beberapa sumber PAD yang terdapat di Kabupaten Benteng mulai mengalami pengurangan produktivitas, seperti sarang burung walet dan pajak hotel.

\"Hasil pendataan yang telah kami lakukan, beberapa sarang burung walet yang ada di Kabupaten Benteng sudah tak menghasilkan lagi alias tidak bisa menyetorkan PAD. Selain itu, dari 4 hotel yang ada, yakni Hotel Puncak tahura, Hotel Sungai Suci, Hotel Batavia dan Hotel Dianti, salah satunya sudah tak lagi memberikan pajak hotek sejak 2 tahun terakhir, yakni Hotel Dianti,\" jelasnya.

Untuk memaksimalkan PAD, Ade mengaku akan menggencarkan pendapatan yan bersumber dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta pajak lainnya. \"Selain PBB, sumber PAD lain yang bisa menyerahkan setoran dalam jumlah besar akan tetap kita maksimal. Seperti PLTA di Desa Susup, Kecamatan Pagar Jati,\" papar Ade

Sementara itu, Kabid Pendapatan BKD Kabupaten Benteng, Tripuja Nugraha SSos mengatakan, pihaknya akan melakukan pendataan ulang terhadap semua potensi PAD yang bisa menghasilkan rupiah. \"Jika ada yang membandel dengan tidak mematuhi kewajiban untuk membayar pajak, aktivitas sumber PAD akan kita segel dan dihentikan,\" pungkas Tripuja.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: