Kades Masih Bingung

Kades Masih Bingung

Kelola DD dan ADD

CURUP, Bengkulu Ekspress- Meskipun pemerintah pusat telah menggelontorkan dana desa selama beberapa tahun terakhir, namun menurut Bupati Rejang Lebong, HA Hijazi SH MSi, hingga saat ini masih banyak Kepala Desa yang masih bingung dalam melakukan pengelolaan Dana Desa.

\"Sampai sekarang, masih banyak Kades yang bingung, kaget dengan dana desa,\" sampai Bupati Rejang Lebong DR H A Hijazi SH MSi saat Rakor Teknis Pengelolaan Anggaran Dana Desa dan Dana Desa yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong Senin (31/12) kemarin.

Menurut bupati, para Kades masih bingung dalam penggunaan anggaran dana desa dan dana desa, karena mereka belum terbiasa mengelola anggaran yang sangat besar tersebut, yaitu mencapai Rp 1 miliar lebih.Terlebih lagi, menurut bupati, para Kades di 122 desa di Kabupaten Rejang Lebong tersebut bukanlah seorang akuntan bahkan sebagian besar hanya lulusan SMA, sehingga mereka terkadang ragu dalam penggunaan dana desa.

Menjawab akan hal tersebut, maka menurut bupati Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong melaksanaan rapat koordinasi teknis pengelolaan anggaran dana desa dan dana desa yang dilaksanakan di Gedung Diklat kawasan Danau Mas Harun Bastari Kemarin.

\"Agar para Kades tidak bingung lagi dalam menggunakan anggaran dana desa dan dana desa maka kita perlu melakukan Bimtek ini,\" sampainya.

Kemudian menurut bupati, selain melakukan sosialisasi dalam kesempatan tersebut Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong juga melakukan evaluasi terhadap realisasi anggaran desa di Kabupaten Rejang Lebong. Evaluasi yang dilakukan bersama dengan intansi penegak hukum di Kabupaten Rejang Lebong, dengan harapan tidak ada Kades di Kabupaten Rejang Lebong yang tersandung dengan hukum karena salah dalam menggunakan anggaran dana desa maupun dana desa.

\"Kita akui sejauh ini penggunaan anggaran dana desa dan dana desa sudah berjalan dengan baik, namun perlu diberikan pemahaman lagi kepada pemerintah desa dengan bimbingan teknis atau pelatihan,\" paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga mengingatkan para Kades di Kabupaten Rejang Lebong dalam menggunakan anggaran dana desa dan dana desa untuk selalu berkoordinasi dengan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) sehingga para Kades bisa aman dan nyaman dalam melaksanaan anggaran dana desa dan dana desa.

\"Saya selalu ingatkan para Kades untuk koordinasi dengan TP4D sehingga mereka aman dan nyaman dalam melaksanakan DD dan ADD,\" demikian bupati.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: