DAK Fisik untuk 63 Sekolah

DAK Fisik untuk 63 Sekolah

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress - Dana alokasi khusus (DAK) untuk Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) meningkat signifikan. Jika pada tahun 2018 lalu hanya sebesar Rp 6 miliar, ditahun 2019 DAK khusus untuk kegiatan fisik (pembangunan,red) dialokasikan sebesar Rp 20 miliar.

\"Alhamdulillah, pada tahun 2019 ini kita kebagian DAK fisik sebesar Rp 20 miliar,\" ungkap Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Benteng, Saidirman SE MM.

Saidirman menuturkan, DAK tersebut akan dikucurkan ke sekolah jenjang pendidikan dasar (Dikdas). Yakni 33 sekolah menengah pertama (SMP) dan 30 sekolah dasar (SD) yang tersebar di 11 kecamatan se-Kabupaten Benteng. \"Semua SMP akan mendapat suntikan DAK. Sedangkan untuk tingkatan SD, hanya 30 sekolah yang kebagian,\" beber Saidirman.

Sesuai dengan ketentuan, sambung Saidirman, DAK fisik nantinya akan direalisasikan untuk beberapa item pembangunan sarana dan prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar (KBM). Seperti ruang kelas baru (RKB), WC maupun rehab gedung.

\"Secara teknis, nanti akan dikoordinasikan lagi ke masing-masing sekolah terkait rencana pembangunan yang akan dilakukan,\" papar Saidirman.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, bahwa penggunaan DAK selalu dimulai paling cepat pada pertengahan tahun. Biasanya, realisasi DAk baru bisa dilaksanakan setelah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis mendapat petunjuk teknis (juknis) dan petunjuk pelaksana (juklak) dari kementerian penyedia anggaran. Terlebih lagi, juklak dan juknis seringkali mengalami perubahan setiap tahunnya.

\"Dari hasil koordinasi dengan Kemendikbud RI, realisasi DAK pada tahun 2019 bisa dilaksanakan dengan mempedomani juklak dan juknis tahun 2018 lalu. Dengan demikian, penggunaan DAK bisa lebih cepat dilaksanakan oleh masing-masing sekolah. Tentunya setelah DAK disalurkan ke rekening kas umum daerah (KKUD) sebelum akhirnya diteruskan ke rekening penerima manfaat,\" demikian Saidirman.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: