Stabilkan Harga Pangan

Stabilkan Harga Pangan

Pemkab Rejang Lebong Gandeng Bulog

CURUP, Bengkulu Ekspress- Guna menstabilkan harga dan ketersediaan bahan pangan di Kabupaten Rejang Lebong, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong menjalin kerjasama dengan Bulog Divre Bengkulu. Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong dengan Bulog Divre Bengkulu tersebut ditandai dengan penandatangan MoU antara Bupati Rejang Lebong dengan Kepala Bulog Divre Bengkulu, Defrizal di halaman GOR Curup, Jumat (28/12) pagi kemarin.

Bupati Rejang Lebong DR H A Hijazi SH MSi menjelaskan bahwa penandatangan MoU kemarin adalah bentuk penguatan fungsi dari Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong dan Bulog sendiri. Karena memang menurutnya selama ini Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong memiliki kewajiban untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat sedangkan Bulog memiliki kewajiban untuk menstabilkan harganya.

\"Kegiatan kita hari ini tak lain untuk menguatkan tugas dan peran masing-masing, karena memang selama ini sudah berjalan,\" sampai bupati.

Dijelaskan bupati, dalam penandatangan MoU tersebut, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong diwakili oleh Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Rejang Lebong. Dengan adanya kerjasama tersebut bupati berharap bisa berjalan dengan baik.

Dalam pelaksanaan kerjasaam terkait dengan penyediaan bahan pokok di Kabupaten Rejang Lebong, menurut bupati nantinya akan disusun oleh kedua belah pihak. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan seperti menggelar bazar atau pasar murah, maupun menyediakan bahan-bahan pangan di koperasi-koperasi yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

\"Saya berharap untuk menstabilkan harga ini, kegiatannya adalah kegiatan yang dilakukan secara berkala, jangan hanya dilakukan saat menjelang lebaran atau hari besar lainnya, sehingga harga bahan pokok bisa stabil setiap hari,\" harap bupati.

Sementara itu, Kepala Bulog Divre Bengkulu, Defrizal menjelaskan penandatanganan kerjasama dengan DKP Rejang Lebong tersebut merupakan yang pertama kali dilaksanakan oleh Bulog di Provinsi Bengkulu. Oleh karena itu ia berharap apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong bisa dicontoh daerah lain di Provinsi Bengkulu. \"Kegiatan hari ini merupakan yang pertama kali di Bengkulu, kami berharap apa yang dilakukan Rejang Lebong ini bisa dicontoh oleh daerah lain,\" harap Defrizal.

Terkait dengan kerjasama yang dilakukan kemarin, menurut Defrizal ke depannya Bulog akan menyuplai kebutuhan pokok terutama untuk kebutuhan ASN. Selain itu kedepannya Bulog juga akan menyuplai bahan pangan ke sejumlah toko, dimana dalam kegiatan tersebut Bulog sebagai perpanjangan tangan dari DKP Rejang Lebong. \"Dalam pelaksanaanya nanti, DKP akan membuka bazar di beberapa lokasi yang bisa dilakukan setiap bulannya, dengan adanya bazar tersebut maka harga Sembako di Rejang Lebong bisa tetap stabil,\" demikian Defrizal. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: