Banser Jaga Gereja

Banser Jaga Gereja

TAIS, Bengkulu Ekspress- Bukan hanya kepolisian dan TNI yang mengamankan perayaan Natal 2018. Banser Seluma juga berjaga di sejumlah gereja yang ada di Kabupaten Seluma. Penjagaan ini dilakukan guna memberikan rasa aman dan ketenteraman bagi umat Nasrani yang sedang melaksanakan peringatan Natal 2018.

“Ini bagian bentuk satu kesatuan saling menghargai dalam kehidupan beragama dan memberikan rasa aman kepada saudara kita yang beragama nasrani,” imbuh Kepala Banser Seluma Mudakhir saat diwawancarai Bengkulu Ekspress.

Dijelaskan, dalam kehidupan beragama dan bernegara sudah sepantasnya saling menjaga dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, rasa toleransi dalam beragama juga harus tetap menjadi salah satu tujuan dalam menjaga NKRI. Ditambahkan, sekitar 19 Gereja ikut mendapatkan pengawalan dari banser. Dalam pelaksanaan Natal tahun 2018 ini setidaknya ada sekitar 50 orang anggota Banser Kabupaten Seluma, yang telah dikerahkan dalam melakukan penjagaan dibeberapa gereja tersebut.

\"Kalau jumlahnya sekitar 19 gereja dan 50 orang lebih anggota yang telah kita kerahkan ke rumah ibadah,\" lanjutnya.

Sementara itu, perayaan Natal di kabupaten Seluma, kemarin (25/12), berlangsung khidmat dan berjalan lancar. Dari pelaksanaan misa hingga siang hari berlangsung aman lancar dan terkendali. Setelah kepolisian polres Seluma, bersama Kodim 0425/Seluma serta Satpol PP Seluma, melakukan pengamanan di sejumlah gereja di Kabupaten Seluma.

“Sedikitnya 60 personel kita kerahkan untuk memberikan rasa aman kepada umat nasrani yang tengah beribadah, \" terang Kapolres Seluma Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) I Nyoman Merthadana Sarjana Ilmu Kepolisian (SIK) kepada Bengkulu Ekspress saat memantau sejumlah gereja di Seluma.

Lanjutnya, 60 personel yang dikerahkan tersebut, pada setiap gereja dijaga 2 sampai 3 orang personel yang disesuaikan dengan banyaknya jamaah yang melakukan perayaan Natal di gereja tersebut. Personel dari Kodim 0425 Seluma, juga melakukan pengamanan perayaan Natal. Dijelaskan, ini tidak lain untuk mangantisipasi kemungkinan adanya gangguan kemananan yang terjadi saat perayaan natal berlangsung di gereja. Personel yang disiagakan akan melakukan pengamanan hingga perayaan Misa natal selesai.

Diketahui di Kabupaten Seluma, Gereja hanya ada di tiga kecamatan yakni Kecamatan Sukaraja 15 gereja. Lalu Kecamatan Seluma 7 gereja dan Kecamatan Talo 3 gereja. \"Selain melakukan pengamanan langsung di gereja, kita juga melakukan patroli keliling melalui polsek yang ada,\" sampainya.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: