DAK Disperindagkop Menurun

DAK Disperindagkop Menurun

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) kembali menerima dana alokasi khusus (DAK) untuk 2019 mendatang.

Berbeda dengan tahun ini yang mendapatkan Rp 5,25 miliar, pada tahun 2019 Disperindagkop dan UKM Kabupaten Benteng hanya mendapatkan Rp 4,3 miliar.\"Pada tahun 2019, DAK yang diterima sedikit menurun,\" kata Kepala Disperindagkop dan UKM Kabupaten Benteng, Drs Hendrik Oktober melalui Kabid Perdagangan Dalam Negeri, Elpi Eriantoni SH, kemarin (25/12).

Dengan anggaran itu, pihaknya akan maksimal dalam merealisasikannya. Baik untuk pembangunan pasar baru, rehab pasar lama maupun pembangunan infrastruktur pendukung aktivitas pasar tradisional di sejumlah desa se-Kabupaten Benteng.

\"Secara teknis, belum bisa disampaikan peruntukan anggaran tersebut. Sebab, kami masih menelaah bangunan pasar yang perlu mendapat perhatian,\" paparnya.

Di sisi lain, Elpi menyampaikan, Disperindagkop dan UKM Kabupaten Benteng membuka peluang bagi seluruh Kepala Desa (Kades) dan masyarakat yang berkeinginan untuk melakukan pengembangan pasar di wilayahnya masing-masing.

Meski demikian, pembangunan pasar baru bisa dilakukan setelah lahan yang hendak dibangun memiliki status hukum yang jelas. Yakni, lahan yang sudah dihibahkan ke Pemda Benteng melalui OPD teknis, yaitu Disperindagkop dan UKM.

\"Surat hibah tanah tentu saja sangat diperlukan. Kami hanya tak ingin pembangunan yang telah dilaksanakan menimbulkan permasalahan baru dikarenakan lahan yang bersengketa,\" pungkas Elpi.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: