RS dan Puskesmas Siaga 24 Jam

RS dan Puskesmas Siaga 24 Jam

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Selama liburan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu menyiagakan Rumah Sakit (RS) umum dan Puskesmas untuk memberikan pelayanan 24 jam. Langkah ini dilakukan untuk tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat maupun pemudik yang  membutuhkan perawatan.

Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni mengaku telah menyiagakan RS dan Puskesmas di jalur mudik Natal selama 24 jam. Bahkan, pihaknya juga telah menyiagakan sebanyak 2.000 orang tenaga kesehatan untuk melayani masyarakat.

\"Selain memberikan pelayanan Puskesmas dan RSU 24 jam, kami juga menyiagakan 2 ribu orang tenaga kesehatan untuk melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan selama libur Natal dan Tahun Baru 2019,\" kata Herwan.

Menurutnya, ribuan tenaga medis yang disiagakan Dinkes Bengkulu tersebut, tersebar di sejumlah RS, puskesmas rawat inap, puskesmas pembantu, dan sejumlah posko pengamanan mudik Natal yang ada di sejumlah kabupaten dan kota. Dengan disiagakan tenaga medis, rumah sakit dan puskesmas tersebut, maka masyarakat selama libur Natal dan Tahun Baru yang membutuhkan pelayanan kesehatan dapat dilayani dengan baik. \"Kami berharap pelayanan kesehatan selama libur natal dan tahun baru bisa diberikan kepada masyarakat,\" terang Herwan.

Ia menambahkan, tenaga medis tersebut tidak hanya ditempatkan di posko jalur mudik Natal saja, tetapi juga posko di pelabuhan laut dan bandara yang ada di Bengkulu. Dengan demikian, jika penumpang kapal laut dan pesawat udara yang membutuhkan pelayanan kesehatan dapat diatasi petugas medis yang ada di posko tersebut. \"Kita berharap tenaga medis yang kita siapkan ini dapat melaksanakan tugasnya dengan baik,\" tutupnya.

Sementara itu, Direktur RSU M Yunus Bengkulu, Zulki Maulub Ritonga, Sp.An mengatakan, selama libur Natal dan Tahun Baru 2019, pihaknya telah menyiagakan sejumlah dokter dan perawat selama 24 jam. \"Ada puluhan dokter dan perawat RSUD M Yunus kita siagakan 24 jam untuk melayani masyarakat. Mereka akan melaksanakan tugas secara bergantian selama 24 jam,\" ujarnya.

Selain itu, RSUD M Yunus juga menyiagakan berbagai jenis obat-obatan untuk mengantisipasi kebutuhan pasien selama libur ini. \"Masyarakat tidak perlu khawatir untuk berobat ke RSUD M Yunus Bengkulu selama libur Natal dan Tahun Baru, karena petugas medis dan para medis disiagakan 24 jam, sehingga masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan kita layani dengan baik,\" tutupnya.(999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: