Usulkan Kapal Tempel

Usulkan Kapal Tempel

PONDOK KELAPA, Bengkulu Ekspress - Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Benteng telah mengajukan usulan bantuan kapal untuk nelayan wilayah Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Benteng. Kepala DKPP Kabupaten Benteng, Nirzawan SH MSi melalui Kabid Perikanan Tangkap, Darwin Chaniago menuturkan, pihaknya hanya mengusulkan bantuan kapal yang berukuran kecil.

\"Kita hanya usulkan kapal tempel untuk tahun 2019 nanti,\" kata Darwin.

Diungkapkan Darwin, kapal tempel dirasa lebih efektif bagi nelayan di Kabupaten Benteng. Hal ini disesuaikan dengan kondisi alur menuju tempat pendaratan ikan (TPI) yang selalu mengalami pendangkalan. Dalam kondisi seperti ini, semua kapal berukuran besar seperti 10 GT atau bahkan 5 GT acapkali mengalami kesulitan untuk mendarat.

\"Akibat pendangkalan, semua kapal nelayan yang berukuran besar tak bisa mendarat di TPI Pondok Kelapa. Nelayan, terpaksa mendarat di Pelabuhan Pulai Baai di Kota Bengkulu. Hanya kapal tempel atau kapal berukuran kecil yang secara leluasa keluar dan masuk TPI,\" papar Darwin.

Secara keseluruhan, beber Darwin, saat ini Kabupaten Benteng telah menerima bantuan kapal sebanyak 17 unit. Yakni, 10 unit kapal tempel pada tahun 2017 lalu dan 7 unit kapal berbagai ukuran pada tahun 2018. Khusus tahun 2018, 4 unit kapal yang telah diterima kelompok nelayan Kecamatan Pondok Kelapa dengan ukuran 3GT yang hanya bisa mampu digunakan untuk menangkap ikan di sekitaran bibir pantai serta 3 kapal ukuran 10 GT ini memiliki wilayah dan jangkauan lebih luas, yakni lebih dari 4 mil.

\"Untuk teknis penyaluran bantuan kapal merupakan merupakan kewenangan pusat dan tak bisa dipastikan. Bisa saja di awal tahun, pertengahan atau bahkan di akhir tahun,\" tutupnya.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: