15.992 KTP Invalid Dibakar

15.992 KTP Invalid Dibakar

LEBONG, Bengkulu Ekspress– Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lebong, musnahkan 15.992 keping Kartu Tanda Penduduk (KTP). Rinciannya, KTP Elektronik (E-KTP) sebanyak 15.462 keping dan 530 keping KTP nasional serta 2 keping Kartu Identitas Anak (KIA) yang telah rusak atau invalid.

Kepala Dinas Dukcapil Lebong, Elva Mardiana Sip MSi mengatakan, bahwa pemusnahan KTP berdasarkan Surat edaran (SE) Menteri Dalam Negeri melalui sekretaris jendral Drs hadi Prabowo MM tertanggal 13 Desember 2018 nomor : 470.13/11176/SJ tentang penatausahaan KTP-el rusak atau invalid.

“Menyikapai SE tersebut kita bersama Kepolisian, TNI serta OPD terkait melakukan pemusnahan bersama-sama,” jelasnya, kemarin (18/12).

Adapun KTP yang dilakukan pemusnahan seperti pemiliknya pindah datang, orang meninggal, pindah alamat, rusak serta yang lainnya. Dimana selama ini sesuai dengan aturan yang ada bahwa setiap KTP yang telah dikembalikan atau diganti pemiliknya, itu harus dirusak dengan cara digunting. “Untuk seluruh total yang KTP yang kita bakar itu terkumpul sejak tahun 2011 yang lalu,” ujarnya.

Akan tetapi, karena adanya isu nasional masalah pembuangan KTP beberapa waktu yang lalu, akhirnya mendagri mengeluarkan SE yang memerintahkan agar seluruh KTP yang telah rusak atau invalid. “Semua KTP yang rusak atau Invalid wajib di musnahkan dengan cara dibakar,” sampainya.

Ditambahkan Elva, untuk pemusnahan KTP yang dinyatakan rusak atau Invalid, nantinya akan terus dimusnahkan dengan cara dibakar atau tidak lagi dirusak dengan cara di gunting, sehingga nantinya tidak tercecer atau diambil oleh orang-orang tertentu dan kemduian diserak di berbagai tempat.

“Seperti yang terjadi di Durian Sawit maupun di Sumatra Barat beberapa waktu yang lalu,” ucapnya.

Dengan dilakukannya pembakaran terhadap KTP yang telah rusak, nantinya dapat meningkatkan kualitas layanan, kewaspadaan dalam sistem administrasi kependudukan serta untuk menghindari penyalahgunaan KTP yang rusak atau invalid.“Untuk itulah kita laksanakan pembakaran hari ini,” tutup Elva.  (614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: