Lomba Senam Sehat Kurak Kariak

Lomba Senam Sehat Kurak Kariak

Tumbuhkan Kegemaran Berolahraga

BENGKULU, Bengkulu Ekspress- Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi bekerjasama dengan Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) dalam hal ini Dharma Wanita Persatuan se-Provinsi Bengkulu menggelar kegiatan Lomba Senam Sehat Kurak Kariak.

Kegiatan ini berlangsung di Aula Hotel Bougenvile Pantai Panjang Bengkulu, sejak 13 hingga 15 Desember 2018. Kegiatan senam sehat ini bertujuan untuk menumbuhkan kegemaran diantara para ibu-ibu yang tergabung di dalam organisasi Dharma Wanita.

Kepala Dispora Provinsi Bengkulu, H Meri Sasdi MPd melalui Ketua Panitia, Dra Herawati mengatakan, kegiatan lomba Senam Sehat Kurak Kariak ini merupakan salah satu kegiatan untuk membudayakan olahraga senam di lingkungan masyarakat. Dengan gemar melakukan olahraga ini maka akan membuat tubuh menjadi sehat dan bugar.

\"Senam ini adalah perpaduan dari olahraga dan seni yang dipadukan dengan tujuan agar menarik dan banyak peminatnya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa,\" kata Herawati, kemarin (14/12).

Selain menarik, kegiatan lomba Senam Sehat Kurak Kariak ini digelar untuk memperebutkan piala bergilir dan piala tetap dari Ibu Gubernur Bengkulu, Hj Derta Wahyulin AKs. Dimana kegiatan lomba ini diikuti oleh 20 grup dengan masing-masing jumlah peserta dalam satu grup sebanyak 5 personel. Selain itu, peserta yang mengikuti lomba ini juga datang dari berbagai Dharma Wanita Persatuan di Provinsi Bengkulu mulai dari Kabupaten Bengkulu Selatan, Mukomuko, Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, dan Kepahiang.

\"Kita harapkan dengan adanya perlombaan ini bisa menumbuhkan kegemaran berolahraga senam di masyarakat khususnya perempuan yang tergabung dalam organisasi Dharma Wanita Persatuan di Provinsi Bengkulu,\" terang Herawati.

Tidak hanya menumbuhkan kegemaran berolahraga, kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi ajang silahturahmi diantara peserta lomba. Dengan silahturahmi yang terus dijalin dengan baik maka akan menimbulkan sikap kekeluargaan yang tinggi diantara para peserta. \"Semoga para peserta lomba ini meskipun saling berkompetisi tetapi bisa saling kompak dan rasa kekeluargaannya semakin terjaga,\" tutupnya.

Sementara itu, Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu, Asmeri Yosita SE mengatakan, kegiatan lomba Senam Sehat Kurak Kariak ini merupakan salah satu bentuk senam kreasi yang digabungkan dengan kebudayaan asli Bengkulu. Senam ini diciptakan dengan tujuan agar pembinaan olahraga di daerah bisa terus dilakukan. \"Kalau pembinaan olahraga dalam bentuk senam terus dilakukan maka masyarakat akan selalu bugar dan sehat,\" kata Asmeri.

Pembinaan olahraga tidak hanya dilakukan melalui Senam Kurak Kariak saja, akan tetapi beberapa senam kesegaran jasmani lainnya juga telah dikembangkan di Bengkulu mulai dari Senam Malabero hingga Senam Rentak Rafflesia. Pengembangan tersebut dilakukan agar mampu menarik minat anak-anak serta orang dewasa dan lanjut usia agar gemar berolahraga.

Selain itu, pihaknya yang tergabung dalam organisasi Dharma Wanita Persatuan juga memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan suaminya yang bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) sehingga harus selalu sehat dan bugar.

\"Sebagai Istri ASN, kami memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan tugas-tugas yang dilakukan suami, agar dapat mendukung kerja suami lebih baik lagi, tentu saja kami harus menjaga kebugaran dan kesehatan jasmani,\" tutupnya. (999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: