Jalan Usaha Tani Diplot Rp 841 Juta

Jalan Usaha  Tani Diplot  Rp 841 Juta

\"POTOBINTUHAN,BE –  Program pembangunan jalan usaha tani  dalam rangka untuk peningkatan produksi pertanian  direncanakan akan  dibangun bulan Juni mendatang.  Pembangunan jalan yang telah dianggarkan sebesar Rp 841 juta APBD 2013 ini, memang dilakukan bulan Juni mengingat saat ini masih dalam tahap evaluasi.

\"Kita masih melakukan evaluasi jalan tani mana saja yang akan dibangun, namun sesuai rencana ada beberapa desa yang harus dibangun. Namun desa yang sudah direncanakan masih dilakukan evaluasi, kemungkinan ada desa lainya yang lebih perioritas,\" ujar Kadis Pertanian Kaur Asmawan SSos,  kemarin.

Dikatakan Asmawan, empat ruas Jalan Usaha Tani (JUT) yang akan direncanakan pembangunanya yakni  Hamparan Pulau Kabu Desa Guru Agung dengan anggaran 241 juta, hamparan penggarengan Desa Coko Enau dengan anggaran 200 juta, JUT Desa Cuko Betung dengan anggaran 200 juta dan JUT Desa Awat Mata dengan anggaran 200 juta.

\"Pembangunan 4 JUT tersebut dimulai pada triwulan kedua sekitar bulan Juni,  sehingga memiliki waktu cukup panjang untuk pengerjaan. Sesuai dengan fungsinya,  pembangunan  sarana jalan bagi usaha pertanian tersebut untuk memacu  peningkatan produksi pertanian. Kemudian diharapankan dengan dibangun sarana  JUT tersebut dapat memudahkan bagi para petani setempat menggangkut hasil  pertaniannya dari lahan pertanian,\" jelasnya.

Sebelumnya pada tahun 2012 lalu, kata Asmawan, dinas juga telah melaksanakan pembangunan 5 paket JUT dengan total anggaran 870 juta.

JUT Hamparan  sawah datar di Kecamatan Kaur Utara dengan anggaran sebesar Rp 200 juta,  sawah di Kecamatan Semidang Gumay dengan anggaran sebesar Rp 170  juta,  sawah di Kecamatan Kelam Tengah dengan  anggaran sebesar  Rp 200 juta,  sawah di Kecamatan Luas dengan  anggaran sebesar Rp  200 juta dan JUT hamparan sawah di Kecamatan Semidang  Gumay dengan  anggaran sebesar Rp 100 juta.

\"Pembangunan JUT ini terus akan berlangsung  mengingat banyaknya lahan sentral produksi pertanian, jika dihitung-hitung  mencapai Rp 2 miliar dana yang dibutuhkan untuk 20 desa lagi. Oleh karena itu  pembangunan JUT akan dilakukan secara bertahap setiap tahunya passti ada  pembangunanya,\" jelasnya.(823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: