Bupati Kaur Serahkan Bantuan

Bupati Kaur Serahkan Bantuan

GUNA meningkatkan kesejahteraan para nelayan, Bupati Kaur Gusril Pausi SSos, menyerahkan bantuan sarana dan prasarana (Sarpras) penangkapan ikan kepada kelompok nelayan di Kecamatan Nasal. Penyerahan bantuan berupa motor nelayan 28 unit, dan 20 alat tangkap ikan itu dipusatkan ditempat pendaratan ikan Desa Merpas Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur, Kamis (6/12).

“Bantuan sarana dan prasarana seperti alat tangkap ini tak lain dan tak bukan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan Kaur,” kata sebelum memberikan bantuan Sarpras kepada kelompok nelayan di Desa Merpas, kemarin (6/12).

Dikatakan Bupati, ia berharap bantuan yang diberikan Kementerian Kelautan Perikanan melalui Pemkab Kaur ini harus dijaga dan dimanfaatkan sebaik mungkin. Juga Gusril berharap dengan diberikannya bantuan ini dapat meningkatkan usaha para nelayan dengan memanfaatkan bantuan yang diberikan sehingga dapat meningkatkan produksi tangkap serta meningkatkan kesejahteraan para nelayan.

“Bantuan ini didapat atas kerja keras kita semua dan Kaur mendapat bantuan nelayan terbesar di Provinsi Bengkulu, dan ini bukti kita untuk memperjuangan nasib nelayan. Maka dari itu saya harap seluruh bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan jangan dipergunakan untuk menangkap ikan secara ilegal dan digunakan sebaik mungkin,” harapnya.

Ditambahkan Bupati, ia meminta nelayan yang belum tergabung dalam kelompok atau koperasi segera bergabung. Hal ini agar legalitasnya jelas sehingga pemerintah lebih mudah menyalurkan bantuan. Nelayan juga harus memiliki asuransi yang diberiktan dinas perikanan.

“Saya berharap kepada nelayan yang belum bergabung ke koperasi untuk segera gabung, karena bantuan ini harus melalui Koperasi. Juga kekompakan nelayan tetap terjaga dan jagan berfikir negatif kalau belum dapat bantuan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kaur Edward Happy S Sos meyampaikan ada dua item bantuan dari kementerian ke lautan ini, yakni berupa perahu motor nelayan 28 unit t alat tangkap ikan untuk 9 kelompok koperasi nelayan di Kecamatan Nasal.

“Untuk perahu ini kita dapat merupakan peralihan dari Kabupaten Seluma, karena tidak bisa di gunakan di Seluma sebanyak 28 unit. Juga Selain bantuan dri KKP kita dapat dari bantuan DKP provinsi berupa Sapras alat tangkap ikan , bantuan badan hukum KUB,” tandasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: