Tes SKB, Siapkan 120 Laptop

Tes SKB, Siapkan 120 Laptop

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress- Badan Kepegawaian Daerah Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKD-PSDM) Kabupaten Kaur mulai menyiapkan 120 unit laptop untuk pelaksanakaan tes CPNS 2018 tahap dua atau seleksi kompetensi bidang (SKB) yang akan digelar Sabtu (8/12) dan Minggu (7/12) di SMP 8 Kaur.

Mulai kemarin (6/12) panitia mulai melakukan pemasangan jaringan internet dan kabel dan juga panitia akan melakukan simulasi SKB hari ini, untuk memastikan 120 unit jaringan menggunakan laptop dapat berfungsi dengan baik.

“Kalau tidak ada kendala insyaAllah Jumat selesai, Sabtu (8/12) tes akan kita mulai pada sesi dua. Masalah pemasangan tak ada kendala semuanya berjalan dengan baik,” kata Plt Kepala BKD Kaur, Adman Suhadi SP disela-sela pemasangan jaringan internet di SMP 8 Kaur, kemarin (6/12).

Dikatakan Adi, terkait dengan apakah setelah SKB masih akan ada sesi tes lain misalnya wawancara atau yang lainnya, dia mengaku hal ini masih menunggu regulasi dari Panselnas yang saat ini teknisnya belum diterima oleh pihaknya. Sebab untuk menentukan peserta lulus atau tidak serta menentukan yang bersangkutan diangkat atau tidak tentu hal ini kewenangan dari Panselnas sendiri. “Di sini kita hanya menyiapkan fasilitas, sedangkan menentukan tetap oleh Panselnas, tentunya dari tes yang diselenggarakan nantinya,” terangnya.

Lanjutnya, dari pihak ketiga yakni dari tim Universitas Padjajaran (UNPAD) yang sudah dari awal bekerjasama dengan Panselda. Sudah mulai memasang kabel LAN menghubungkan laptop ke router menuju server induk. Terdapat tiga ruang ujian masing-masing satu ruangan berisikan 40 jaringan yang terhubung ke sistem. Nanti peserta usai mengerjakan soal SKB dapat melihat hasilnya di monitor luar sebagai pembanding dengan peserta lain. “Usai mengerjakan ujian peserta dapat melihat hasilnya di monitor di luar ruangan sehingga dapat mengetahui hasilnya langsung sama dengan SKD kemarin,” ujarnya.

Ditambahkan Adi, dalam SKB ini ada 471 peserta yang akan bersaing memperebutkan 234 alokasi formasi. Mereka berasal dari 58 lulus dalam pasing grade 1 (P1) serta sisanya berasal dari P2 atau sistem perangkingan dengan nilai poin minimal 255 poin.

Dari 471 peserta itu ada beberapa diantaranya tiga peserta memperebutkan satu kursi, Tapi ada juga yang terjadi satu lawan satu atau hanya dua saja yang maju dalam SKB.“Sistem penilaiannya kita belum mengetahui persis, tapi yang pastinya terbaik akan dipilih nantinya dan juga kita pastikan dalam perekrutan tes CPNS ini murni,” jelasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: