Giri Nanto-Pagar Banyu Tak Bermasalah

Giri Nanto-Pagar Banyu Tak Bermasalah

\"\"ULU TALO, Bengkulu Ekspress - Tuntutan warga Desa Giri Nanto Kecamatan Ulu Talo, yang meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma merevisi atau meninjau ulang Tapal Batas (Tabat) antara Desa Giri Nanto dengan Desa Pagar Banyu, tidak bisa dilakukan. Karena peta desa yang telah dibuat tersebut telah sesuai dan tidak ada permasalahan sehingga tidak perlu dilakukan revisi.

\"Kita buat peta tersebut berdasarkan hasil survei kita di lapangan. Saat itu didampingi perangkat kedua desa tersebut,\" terang Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag Tata) Pemerintahan Pemkab Seluma Nopetri Elamanto MSi kepada Bengkulu Ekspress kemarin (28/11).

Dijelaskan, peta yang telah di diterima desa tersebut peta administrasi desa, bukan teritorial. \"Jadi ikuti saja apa yang tertulis dipeta, tidak usah dipermasalahkan. Tidak ada wilayah desa yang berubah, baik Desa Giri Nanto ataupun Desa Pagar Banyu,\" sampainya.

Nopetri menjelaskan, penetapan peta desa tersebut telah sesuai dengan petunjuk Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) dan Pemkab Seluma hanya mengikuti dan dituangkan dalam peraturan bupati (perbup). \"Kalau mau mengubah peta tersebut harus berdasarkan keputusan MK. Jjika MK menyetujui, maka barulah perbup tentang peta tabat desa tersebut dapat dirubah,\" ujarnya.

Mengatasi pelomik kedua desa tersebut kata Nopetri, Bagian Pemerintahan Pemkab Seluma, telah mengirimkan surat kepada kades kedua desa tersebut. Dalam surat tersebut telah disampaikan agar mengikuti peta yang telah ada saat ini.  \"Saya juga telah sampaikan hal ini kepada Pak bupati dan beliau (bupati) menyetujui agar kedua desa tersebut mengikuti apa yang telah disampaikan dalam peta desa, suratnya telah disampaikan minggu lalu,\" imbuhnya.

Selain itu tambah Nopetri, kades dan perangkat kedua desa tersebut juga telah dipanggil dan diadakan pertemuan yang difasilitasi Kecamatan Ulu Talo dan juga Polsek Talo. \"Tidak ada pihak yang dirugikan dengan mengikuti peta tabat tersebut. Oleh karena itu ikuti dan laksanakan sesuai dengan hasil pertemuan yang telah dilakukan beberapa waktu lalu,\" sampai Nopetri. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: