PGRI Dituntut Berkontribusi

PGRI Dituntut Berkontribusi

Kembangkan Kebijakan Pemerintah

PUTRI HIJAU, Bengkulu Ekspress - Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Bengkulu Utara menggelar upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT ke-73 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di lapangan Karya Pelita, Desa Marga Sakti Seblat, Kecamatan Putri Hijau, Kabupaten Bengkulu Utara, kemarin (27/11).

Kegiatan ini dihadiri Bupati Bengkulu Utara Ir H Mian, Kepala Dispendik Bengkulu Utara Margono SPd, Ketua PGRI Bengkulu Utara, Perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu, Sekretaris PGRI Provinsi Bengkulu, OPD, para kepala sekolah dan guru se-Kabupaten Bengkulu Utara.

Upacara peringatan HGN dengan tema \'Guru Sebagai Penggerak Perubahan Dalam Era Revolusi Industri,\' ini dipimpin langsung Bupati Bengkulu Utara, Ir H Mian. Dalam pidatonya, Mian mengatakan dalam era revolusi industri saat ini, sistem pendidikan nasional dihadapkan pada tantangan berat. Oleh karena itu, PGRI sebagai organisasi guru juga ditantang agar mampu mengerakkan guru, pendidik, dan tenaga kependidikan memberikan andil dalam pengembangan kebijakan pemerintah.

\"Dalam era revolusi, PGRI ditantang untuk mampu mengerakkan guru, pendidik, dan tenaga kependidikan memberikan andil tidak hanya di sekolah saja,\" kata Mian.

Disampingnya itu, Mian sangat berharap agar PGRI dapat meningkatkan kompetensi profesionalitas dan pembentukan karakter guru sesuai dengan kebutuhan zaman.\"Guru juga diminta untuk terus berjuang untuk menjadikan profesi guru yang bermartabat, berdaulat, serta profesional dalam melakukan tugasnya sebagai pendidik untuk mencerdaskan anak bangsa,\" terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada pengurus PGRI di semua tingkatan, yang gigih memperjuangkan aspirasi guru terutama dalam pembelaan guru yang menghadapi permasalahan profesi dan meningkatkan profesionalisme guru melalui beragam kegiatan seperti penguatan literasi guru menulis, literasi digital, kompetisi inovasi pembelajaran, festival guru menulis, serta kepedulian terhadap sesama. \"Saya menyampaikan kepada seluruh pengurus PGRI yang telah memperjuangkan aspirasi guru,\" pungkasnya.(127)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: