Sekda: Tingkatkan Konsumsi Ikan

Sekda: Tingkatkan Konsumsi Ikan

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur, terus berupaya mendorong masyarakat untuk memperbanyak atau meningkatkan konsumsi ikan demi kesehatan dan peningkatan kualitas sumber manusia. Hal ini disampaikan Sekda Kaur H Nandar Munadi SSos MSi saat membuka acara hari peringatan Hari Ikan Nasional (Harkanas) ke-5 di halaman kantor Dinas Perikanan Kaur, Kamis (22/11).

“Saya berharap melalui Harkanas ini, dapat meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap ikan dalam upaya ciptakan ketahanan pangan dan ciptakan menu baru berbahan baku ikan,” kata Sekda dalam sambutannya, kemarin (22/11).

Dikatakan Sekda, dengan peringatan Harkanas dengan tema “ untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat”. Ia mengajak masyarakat agar lebih meningkatkan kosumsi ikan, sebab rata-rata konsumsi ikan di Kaur mencapai angka 50 kilogram per kapita per tahun, atau berada di atas tingkat konsumsi nasional. Karena ikan banyak manfaatnya, seperti dapat mencegah beberapa penyakit, sebab ikan memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh.

“Kita ketahui ikan merupakan salah satu makanan yang dijadikan lauk dan memiliki nilai gizi yang tinggi, maka dari itu kita harus biasakan makan ikan, ini demi kesehatan kita semua. Juga mari kita cegah penangkapan ikan tidak wajar seperti setrem,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kaur Edwar Hepy S Sos juga menyampaikan, ikan laut dan tawar mampu diolah menjadi berbagai makan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Maka dari itu ia berharap melalui peringatanan Harkanas dan lomba serba ikan ini, diharapkan bisa memicu kegemaran anak dalam mengkonsi ikan.

“Ini sangat perlu anak diberi asupan ikan sejak dini, dan ikan sangat baik untuk bagi anak. Semoga nanti makan ikan ini menjadi kegemaran masyarakat Kaur, apa lagi ikan di Kaur ini mudah didapat,” jelasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: