Jamin Stok Obat Aman

Jamin Stok Obat Aman

=DINAS KESEHATAN=

\"ilustrasi\"

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kaur memastikan jika persediaan obat-obatan di sejumlah pusat pelayanan kesehatan setiap daerah. Mulai dari Puskesdes, Puskesmas hingga Rumah Sakit (RS) aman dan tercukupi. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinkes Kaur, Drs M Tabri, kemarin (21/11). “Stok obat kita jamin masih aman dan mencukupi untuk beberapa bulan ke depan insyaAllah,” terangnya.

Dikatakan Thabri, untuk memenuhi pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Pihaknya setiap tahunnya menyediakan sejumlah item obat-obatan untuk sejumlah Puskesmas dan Puskesdes yang ada di Kabupaten Kaur. Juga saat ini pihaknya sudah melakukan penyaluran obat-obat ke masing-masing Puskemas di Kaur.

“Sampai sekarang ini belum ada laporan terkait kekurangan obat-obatan disejumlah Puskesmas. Karena kita selalu mengingatkan kepada seluruh Puskesmas, jika stok obat sudah mulai habis, silahkan mengajukan permintaan obat-obatan,” terangnya.

Lanjutnya, jenis obat-obat yang tersedia mulai dari jenis alat suntik, kapsul, tablet, salep dan lainnya. Termasuk juga vitamin bagi masyarakat telah didistribusi pada sejumlah Puskesmas, kemudian disalurkan ke Puskesdes masing-masing. Sehingga pihaknya memastikan tidak ada lagi puskesmas kekosongan obat. “Apa lagi musim hujan ini dan rawan terserang penyakit, dan tentu butuh oba-obatan. Juga pihak Puskesmas harus cepat mengusulkan permohonan obat kepada dinas jika stok mulai menipis,”ujarnya.

Thabri menambahkan, pihaknya juga meminta kepada Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Kaur, untuk tidak menjual atau memberi obat-obatan yang telah kadaluarsa. Sehingga bila ditemukan ada obat yang sudah kadaluarsa agar mengembalikan ke Dinkes untuk dilakukan pemusnahan.“Obat kita semuanya memenuhi standar, karena kita beli obatnya langsung dari pedagang besar farmasi. Juga kalau ditemukan sudah kedaluarsa segera lapor dan akan kita musnahkan,” jelasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: