10 Persen Blangko KIA Dicetak

10 Persen Blangko KIA Dicetak

LEBONG, Bengkulu Ekspress– Dari total sebanyak 4000 blanko Kartu Identitas Anak (KIA) untuk anak 0-17 tahun ke bawah untuk Kabupaten Lebong, saat ini sudah mencapai 10 persen atau sekitar 400 blangko yang telah dicetak.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lebong, Elva Mardiana SIp MSi mengatakan, bahwa untuk KIA sebenarnya baru akan dilaunching pada tahun 2019 mendatang. Namun pihaknya telah memulai dan mensosialisasikan pembuatan KIA kepada masyarakat Lebong.

“Memang launching 2019 mendatang, namun kita telah mendapatkan jatah blangko,” jelasnya, kemarin (21/11).

Ditegaskan Elva, KIA sangat berguna bagi anak-anak. Dimana di tahun 2019 mendatang salah satu syarat anak yang akan masuk sekolah harus memiliki KIA. Selain itu untuk membuat tabungan serta ke fasilitas kesehatan.“Jadi KIA sangat berguna, selain anak telah terdaftar dan memiliki identitas digunakan untuk keperluan anak-anak kita,” sampainya.

Menurutnya, bagi orang tua yang ingin membuat KIA untuk anak-anaknya, syaratnya tinggal membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) salah satu orang tua, Kartu Keluarga (KK) serta akta kelahiran anak serta pas foto sang anak (umur 5 hingga 17 tahun ke bawah) dengan langsung mendatangi Kantor Dukcapil.“Itu syaratnya, terkhusus bagi anak umur 0 hingga 5 tahun ke bawah tidak perlu melampirkan pas foto,” ucapnya.

Ditambahkan Elva, dalam pembuatan KIA pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada orang tua. Baik itu cara dan syarat pembuatan maupun kegunaan KIA bagi anak-anak itu sendiri. Sehingga masyarakat mau dan tidak menunda dalam pembuatan KIA bagi anak-anaknya. “Sudah kita sampaikan, sehingga di tahun 2019 mendatang ketika ingin mengurus keperluan anak tidak ada kendala,\" tutup Elva. (614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: