Usulkan Pilkades Rp 1, 07 M

Usulkan Pilkades Rp 1, 07 M

TAIS, Bengkulu Ekspress - Untuk menyukseskan pelaksanaan pemilihan 85 kepala desa (Pilkades) secara serentak pada 2019. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) mengusulkan anggaran Rp 1,07 miliar. Pilkases sendiri dilaksanakan pada Oktober 2019. \"Untuk pelaksanaan Pilkades serentak ini akan kita lakukan Oktober dengan usulan anggran Rp 1,07 miliar,\" ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala PMD Sukran Effendi MPd melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kabid PMD) Arlan Aksa SSos kepada Bengkulu Ekspress.

Menurutnya, setelah pelaksanaan pemilihan, sebanyak 85 desa terpilih direncanakan dilantik secara serentak oleh Bupati Kabupaten Seluma. Bagi empat desa lagi yang belum selesai masa jabatan kadesnya, maka diperkirakan dilakukan pelantikan susulan sesuai masa habisnya jabatan kades setempat.

\"Pelantikan direncanakan dilakukan serentak oleh Bupati Seluma, kecuali empat desa lagi akan menyusul. Karena memang masa jabatan kadesnya masih tersisa,\" imbuhnya.

Dalam Pilkades serentak ini telah dianggarkan Rp 899 juta. Kemudian, diusulkan lagi penambahan Rp 175 juta untuk membiayai hal yang sangat diperlukan. Sehinngga total anggarannya menjadi Rp 1,074 miliar. Penambahan ini agar pelaksanaan Pilkades bisa berjalan dengan lancer. Mengingat pelaksanaan pilkades juga akan rawan akan terjadinya permasalahan serta tahapan.

\"Kalau anggarannya sudah diusulkan sebesar Rp 899 Juta, namun karena ada beberapa item yang belum masuk, maka kita minta penambahan Rp 175 juta,\" ucapnya.

Sementara itu, Desa Giri Nanto Kecamatan Ulu Talo, pada 20 Desember 2018, segera melaksanakan proses pergantian antar waktu (PAW) kepala desa. Hal ini lantaran kepala desa yang sebelumnya mengundurkan diri dari jabatannya, karena mencalonkan diri sebagai anggota legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten Seluma. Pada saat ini sudah ada laporan dari perangkat desa setempat untuk segera melakukan proses PAW terhadap kades mencaleg tersebut. Panitia seleksi juga telah menyampaikan segala persyaratan yang harus dilengkapi.\"Proses PAW Kades Giri Nanto, kini sudah dalam proses, dan pelaksanannya akan dilakukan pada 20 Desember mendatang,\" ungkap Arlan Aksa

Arlan Aksa juga menjelaskan, dalam proses PAW ini hanya diperbolehkan dua calon saja yang harus dipilih masyarakat, oleh karena itu jika yang mendaftar lebih dari dua orang, maka diajukan seleksi tambahan. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: