Anggaran Jampersal Menurun

Anggaran Jampersal Menurun

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress - Program jaminan persalinan (Jampersal) untuk masyarakat di Kabupaten Mukomuko tahun 2019 mendatang sebesar Rp 1,4 miliar. Total anggaran itu menurun atau lebih kecil dari tahun 2018 sebesar Rp 2,027 miliar. “Tahun 2017 dana program Jampersal untuk daerah ini Rp 1,9 miliar dan tahun 2018 sebesar Rp 2,027 miliar,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Jun Harto melalui Kabid Bimbingan Kesehatan Masyarakat, Heri Junaidi ketika dikonfirmasi Bengkulu Ekspress.

Meskipun ada penurunan anggaran Jampersal, kata Heri, namun pelayanan kesehatan bagi ibu hamil yang belum memiliki jaminan kesehatan tetap akan mendapatkan pelayanan yang maksimal dan akan disesuaikan dengan anggaran yang ada serta berdasarkan peraturan berlaku. Heri juga menyampaikan, untuk penyerapan anggaran Jampersal tahun 2018 ini, masih minim atau belum maksimal digunakan masyarakat. Hingga pertengahan November 2018, dari total anggaran Rp 2,027 miliar, yang terpakai atau terserap sekitar Rp 400 juta.

“Tidak hanya tahun ini saja, tahun 2017 lalu penyerapannya juga minim,”akunya.

Dijelaskannya, minimnya penggunaan anggaran Jampersal, penyebabnya kemungkinan banyak ibu hamil di daerah ini yang sudah memiliki jaminan kesehatan.Termasuk tidak banyak jumlah wanita yang hamil setiap tahunnya. “Yang jelasnya, meskipun penyerapan anggaran program Jampersal minim, pelayanan kepada masyarakat khususnya ibu hamil tetap dilayani dengan maksimal,”ungkap Heri.(900)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: