40 Poktan Dapat Bantuan Padi Darat

40 Poktan Dapat Bantuan Padi Darat

\"\"

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Sebanyak 40 Kelompok Tani (Poktan) Kabupaten Kepahiang mendapatkan bantuan bibit padi darat jenis Gogo ditahun 2018. Poktan mendapatkan bantuan bibit padi darat yang disalurkan Dinas Pertanian bidang Tanaman Pangan. Kepala Dinas Pertanian Kepahiang Hernawan SPKP melalui Kepala Bidang Tanaman Pangan Chandra Yahopa menjelaskan 40 Poktan yang mendapatkan bantuan bibit padi tersebar didelapan kecamatan.

\"Bantuan bibit padi darat kepada kelompok tani sebanyak 40 kelompok yang tersebar di delapan kecamatan suah direalisasikan sumber keuangan bersumber dari APBN karena ini masuk dalam program pajale melalui satker provinsi,” terang Chandra.

Ia mengatakan total luas lahan kelompok penerima bibit padi Gogo dari 40 poktan seluas 750 hektar. “Bantuannya bukan berupa bibit, tetapi langsung uang ditransfer kerekening kelompok masing-masing dan untuk nilai nya tergantung luas lahan yang di usulkan,jika kita hitung setiap 1 hektar lahan membutuhkan bibit padi sebanyak 15kg dengan harga sebesar Rp 10.300/kg,” ujarnya.

Menurutnya, estimasi penghasilan padi darat setiap hektarnya mencapai 8 ton. Diharapkan program tersebut bisa meningkatkan penghasilan masyarakat terkhusus para petani yang teggabung dalam poktan. (320)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: