Waspada Flu Burung

Waspada Flu Burung

 

HUJAN deras yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Kaur beberapa pekan terakhir ini. Masyarakat diharapkan lebih waspada akan kemungkinan kemunculan berbagai penyakit flu burung yang bisa menyerang unggas, seperti ayam, bebek, dan itik.“Di musim penghujan ini perlu diwaspadai karena banyak penyakit menular mematikan yang dapat menyerang hewan ternak,” kata Kepala Dinas Pertanian Kaur, Nasrur Rahman SHut, kemarin (15/11).

Dikatakan Nasrul, dengan cuaca dan kelembaban suhu udara ketika hujan seperti sekarang ini. Penyebaran penyakit unggas seperti flu burung bisa berkembang dengan cepat. Sebab daya tahan unggas pun menjadi lemah dan mereka rentan terkena virus. Maka tidak heran bila banyak ditemukan kasus ayam mati secara mendadak.

“Untuk sementara ini belum laporan ada unggas yang mati mendadak. Tapi jika ada akan kita uji labolatorium, biar diketahui kematiannya akibat tetelo atau flu burung,\" terangnya.

Ditambahkannya, sebagai langkah antisipasi yang harus dilakukan misalnya, dengan pembersihan kandang, pemberian pakan yang lebih baik, serta disinfeksi secara mandiri. Kandang unggas, ia menyatakan, harus dikontrol kebersihannya secara intensif karena upaya perlindungan unggas dengan pengandangan justru menimbulkan sarang penyakit jika dibiarkan lembab dan tidak bersih. “Dalam mecegah flu burung masyarakat dapat melakukan disinfeksi secara mandiri, misalnya rutin membersihkan kandang,” jelasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: