Pendakian Bukit Kaba Ditutup

Pendakian Bukit  Kaba Ditutup

CURUP, Bengkulu Ekspress - Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu kembali melakukan penutupan aktivitas pendakian di kawasan TWA Bukit Kaba. Penutupan pendakian kawasan Gunung Api Kaba tersebut dimulai sejak Kamis (15/11) kemarin hingga Minggu (18/11) lusa.

\"Untuk kegiatan pendakian ke TWA Bukit Kaba memang kita tutup dalam beberapa hari kedepan,\" sampai Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Konservasi (KPHK) TWA Bukit Kawab, Sigit Pribadi SH saat ditemui di Kantor Konservasi Wilayah I BKSDA Bengkulu, Kamis (15/11) kemarin.

Dijelaskan Sigit, penutupan kawasan TWA Bukit Kaba dari aktivitas pendakian tersebut dikarena saat ini BKSDA Bengkulu tengah melaksanakan kegiatan Festival Bukit Kaba dalam rangka mempromosikan pariwisata Bukit Kaba itu sendiri.

\"Penutupan kita lakukan untuk umum, karena saat ini kita tengah melaksanakan kegiatan Festival Bukit Kaba,\" tambah Sigit.

Menurut Sigit, penutupan kegiatan pendakian seperti yang mereka lakukan tersebut adalah hal yang lumrah yang juga dilakukan disejumlah daerah di Indonesia. Dimana menurutnya apabila pengelola kawasan baik pihak BKSDA atau pihak pengelola lainnya melakukan kegiatan di kawasan tersebut, maka aktivitas pendakian mereka tutup sementara. \"Nanti Senin (19/11) pendakian akan kita buka lagi untuk umum,\" terang Sigit.

Sementara itu, terkait dengan kegiatan Festival Bukit Kaba sendiri, menurut Sigit ada empat agenda yang mereka laksanakan yaitu lomba fotografi, lomba lintas alam, pemilihan duta Bukit Kaba dan Pageralan Seni Budaya.Untuk lomba fotografi sendiri, menurut Sigit sudah selesai mereka laksanakan dimana panitia telah menerima sebanyak 95 lembar foto dari 95 foto yang diterima panitia tersebut panitia telah menemukan tiga orang pemenang. \"Untuk lomba foto sudah kita laksanakan dan tiga pemenangnya sudah kita umumkan,\" terang Sigit.

Sementara itu, untuk lomba lintas alam bukit kaba sendiri, menurut Sigit baru akan dilaksanakan pada Sabtu (17/11) besok dengan jumlah pesertanya sebanyak 25 kelompok dimana satu kelompoknya terdiri dari 5 orang. Peserta terjauh dalam kegiatan lomba lintas alam Bukit Kaba ini berasal dari Kota Prabumulih Sumatera Selatan.

Begitu juga dengan pemilihan Duta Bukit Kaba sendiri, dari 59 pendaftar panitia telah memilih 20 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Dimana para finalis Duta Bukit Kaba ini sudah memasuki tahap karantina di BKSDA Bengkulu dan hari ini mereka akan bertolak ke lokasi kegiatan di kaki Bukit Kaba yaitu di Desa Sumber Urip dan malam pemilihannya akan dilaksanakan pada Sabtu (17/11) malam sekaligus pembagian hadiah untuk lomba lainnya.

Dimana dijadwalkan yang akan datang pada malam puncak Festival Bukit Kaba tersebut adalah Plt Gubernur Bengkulu.\"Untuk Pagelaran seni budaya akan kita mulai dari Sabtu siang sampai malam di lokasi acara di Desa Sumber Urip atau pintu masuk kawasan TWA Bukit Kaba,\" papar Sigit.

Dengan adanya kegiatan Festival Bukit Kaba ini, Sigit berharap wisata Bukit Kaba akan semakin terkenal dan semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan sehingga bisa memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat serta dapat mendukung program Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong yang akan menjadikan Rejang Lebong sebagai kota wisata. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: