10 Desa Dapat Bantuan BUMDes

10 Desa Dapat Bantuan BUMDes

CURUP, Bengkulu Ekspress- Dalam pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Republik Indonesia akan membantu 10 desa yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Kepastian 10 desa akan mendapat bantuan BUMDes tersebut disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Republik Indonesia, Eko Putro Sandjojo BSEE MBA saat melakukan sarasehan dengan Bupati Rejang Lebong di rumah Dinas Bupati Rejang Lebong, Kamis (15/11) kemarin.

\"Ada 10 desa di Kabupaten Rejang Lebong ini yang akan kita bantu permodalan untuk BUMDes,\" terang Mendes PDTT.

Besaran bantuan yang akan diberikan tersebut, menurut Eko masing-masing desa akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 50 juta. Dengan adanya bantuan tersebut, ia berharap bisa memajukan BUMdes yang ada di desa tersebut, sehingga bisa maju dan berkembang dan bisa mensejahterakan masyarakatnya.

Selain 10 desa yang akan mendapat permodalan BUMDes dari Kemendes PDTT, juga akan diberikan bantuan dalam bentuk program \"showcase\". Dimana bantuan dalam program \"showcase\" ini setiap desa akan diberi bantuan hingga Rp 1,5 miliar. \"Untuk program \"showcase\" ini akan kita berikan kepada empat desa yang ada di Kabupaten Rejang Lebong,\" tambahnya.

Kemudian untuk desa-desa yang akan mendapat bantuan baik BUMDes maupun program \"showcase\" sendiri, Eko menyerahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong untuk menentukan desa-desa mana saja yang akan mendapatkan bantuan tersebut, karena menurutnya yang mengetahui potensi desa yang ada di Kabupaten Rejang Lebong adalah pemerintah Kabupaten Rejang Lebong.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menegaskan bahwa bantuan BUMDes untuk 10 desa dan bantuan program \"showcase\" untuk 4 desa di Kabupaten Rejang Lebong tersebut dananya terpisah dari program dana desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat dalam beberapa tahun terakhir.

Sementara itu, terkait kedatangannya di Kabupaten Rejang Lebong sendiri, menurut Eko untuk bertemu dengan para Kades dan melihat sejauh mana pembangunan yang dilakukan desa di Kabupaten Rejang Lebong yang menggunakan dana desa. \"Dari laporan yang saya terima, penggunaan dana desa di Kabupaten Rejang Lebong sudah cukup baik,\" paparnya.

Dalam kunjungannya di Kabupaten Rejang Lebong kemarin, Kemendes PDTT disambut secara adat dan disambut langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong. Setelah menggelar sarasehan di rumah dinas Bupati Rejang Lebong, Mendes PDTT mengikuti dialog nasional di GOR Curup dengan tema 32 \"Indonesia Maju\". Setelah mengikuti dialog Mendes PDTT kemudian melanjutkan perjalanan ke Kota Bengkulu.

Sementara itu, Bupati Rejang Lebong DR H A Hijazi SH MSi mengucapkan terima kasih kepada Kemendes PDTT yang telah menyempatkan diri untuk berkunjung ke Kabupaten Rejang Lebong. Bupati beharap kedantangan Kemendes PDTT bisa membawa dukungan untuk pembanggunan di Kabupaten Rejang Lebong.

\"Kami juga mengundang Pak Menteri untuk datang lagi ke Rejang Lebong dan bermalam di sini, sehingga bisa menampung keluh kesah dari para Kapala Desa yang ada di Rejang Lebong ini,\" ajak bupati.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: