Tenno Calon Kuat Ketua DPRD

Tenno Calon Kuat Ketua DPRD

TAIS, Bengkulu Ekspress - Anggota DPRD Kabupaten Seluma Tenno Heika, menjadi calon kuat Ketua DPRD Seluma yang baru. Menggantikan posisi Husni Thamrin yang tersandung hukum. Husni menjadi terdakwa dugaan perkara korupsi pembangunan Jalan Nanti Agung Kabupaten Seluma.

Hal ini diketahui dari surat rekomendasi dari DPW Nasdem Provinsi Bengkulu Nomor : 48.81.1/DPW.Nasdem-BKL/ IX/208 Tentang Permohonan Pemberhentian Husni Thamrin Sebagi Ketua DPRD Seluma sekaligus sebagai anggota DPRD Seluma. Dalam surat itu tertera nama Tenno Heika SSos, calon yang disampaikan untuk menjadi ketua DPRD Seluma, yang baru.

“Surat usulan dengan Nomor : 170 SK/DPP-NasDem /X/2018 terkait pengesahan perubahan penempatan jabatan Ketua DPRD Kabupaten Seluma, periode 2014-2019. Surat itu tengah kita telaah terlebih dahulu,” tegas Wakil Ketua II DPRD Seluma Okti Fitriani SPd MPd kepada Bengkulu Ekspress.

Usulan pergantian ketua DPRD itu masuk ke DPRD Seluma, berbarengan dengan surat usulan pergantian antar waktu (PAW) dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Belakangan juga ada surat penegasan ketua DPRD Seluma Husni Thamrin sudah diberhentikan sebagai kader Nasdem dan juga beredar Husni Thambrin SH MH bukanlah kader Nasdem lagi telah diberhentikan. Hal ini juga di perkuat dengan surat masuk ke DPRD Seluma terkait sudat keputusan No : 118 /SK/DPP. Nasdem/IX/2018 tentang pemberhentian ketua DPRD Seluma setelah ditetapkan tersangka oleh Polda Bengkulu.

“Ini sudah lengkap seluma. Mulai dari pengajuan PAW dan penolakan Husni dilengserkan sebagai Ketua DPRD Seluma,” sampainya.

Terkait usulan pergantian ketua DPRD itu, dewan segera menyurati KPU Seluma, agar memperifikasi caleg yang memperoleh suara terbanyak setelah Husni Thamrin pada Pemilu 2014. Dewan pun juga menyurati Gubernur melalui Bupati Seluma.

Untuk mengusulkan pengangkatan penganti termasuk SK pemberhentian ketua DPRD Seluma Husni Thamrin tersebut.“Kita tunggu rekomendasi dari KPU terlebih dahulu siapa yang berhak mengantikan dan berada dibawah Husni dalam pilkada lalu,” ujarnya.

Sebelumnya, berdasarkan surat yang dilayangkan DPP Partai Nasdem ke DPRD Seluma, PAW Ketua DPRD Seluma Husni Thamrin adalah Iin Sumandi. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: