Imunisasi MR 97,37 Persen

Imunisasi MR 97,37 Persen

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – kegiatan pelaksanaan imunisasi Measles Rubella (MR) di Bengkulu Selatan (BS) sukses. Bahkan tingkat keberhasilan pelaksanaan imunisasi MR ini melebihi target nasional yang hanya 95 persen.“ Pelaksanaan imunisasi MR di Bengkulu Selatan mencapai 97,37 persen,” kata Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan, M Redhwan Arief S Sos MPH.

Redhwan mengatakan, pada pelaksanaan imunisasi MR dimulai 1 Agustus hingga 31 Oktober 2018 atau selama 3 bulan. Adapun anak-anak di Bengkulu Selatan yang menjadi sasaran yakni mulai usia 9 bulan hingga 15 tahun sebanyak 41.266 anak. Dari jumlah tersebut, saat ini sudah 40.182 anak sudah diberikan imunisasi MR. Sehingga sedikit lagi anak-anak usia 9 bulan sampai 15 tahun di BS yang belum diberikan imunsasi MR.

“ Hingga saat ini anak yang belum diberikan imunisasi MR hanya tersisa 1.084 anak lagi,” ujarnya.

Meskipun waktu imunisasi MR yang ditetapkan pemerintah pusat sudah berakhir, Redhwan mengaku pihaknya masih melayani anak-anak yang mau imunisasi MR. bahkan pemberian imunsasi MR di luar waktu ketentuan pemerintah pusat tetap diberikan secara gratis.

“ stok obat masih ada, bagi yang belum diberikan imunisasi silahkan datang, tetap akan kami berikan secara gratis,” imbuhnya.

Redhwan menjelaskan, dengan telah dilakukannya imunsasi MR ini dapat menjadikan anak-anak di Bengkulu Selatan kebal terhadap bibit penyakit campak (measles) yakni radang paru, radang otak, kebutaan, diare dan gizi buruk juga penyakit Rubella yakni kelainan jantung, kelainan mata, tuli, keterlambatan perkembangan dan kerusakan jaringan otak.

Sedangkan gejala pengidap penyakit campak seperti demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit disertai batuk, pilek dan mata merah dan gejala penyakit Rubella diantaranya demam ringan, pusing, pileg mata merah dan nyeri persendian. Sehingga dengan pemberian vaksin MR dapat melindungi buah hati kita dari bahaya penyakit campak dan rubella.

Sebab dengan imunisasi, akan memberikan kekebalan tubuh pada anak. Sehingga mereka tidak mudah terserang penyakit. Terlebih lagi penyakit ini gampang menular.“ Mudah-mudahan dengan adanya imunisasi MR ini anak-anak di Bengkulu Selatan terbebas dari penyakit Campak (measles) dan rubella,” harap Redhwan. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: