Pabrik Minyak Goreng Mulai Dibangun

Pabrik Minyak Goreng Mulai Dibangun

TAIS,Bengkulu Ekspress- Pembangunan Pabrik Minyak Goreng (PMG) di Desa Talang Beringin, Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) dimulai pada 15 November mendatang. Diawali dengan peletakan batu pertama. Pabrik ini nanti sedikitnya menyerap tenaga kerja sebanyak 2 ribu orang. Dengan memprioritaskan masyarakat Seluma, yang direkrut sebagai karyawannya.

‘’Untuk tenaga inti, sementara waktu kita bawa dari luar. Nanti jika ada masyarakat Seluma yang telah mahir. Tenaga inti tersebut kita tarik digantikan karyawan dari Seluma, yang telah mahir tersebut,’’ ujar Pimpinan PT Sudevam Ulatratec Green Indonesia, Lalit Kumar saat di konfirmasi usai rapat dengan Pemda Seluma, pukul 15.00 WIB, kemarin (31/10).

Saat ini perizinan telah mencapai 80 persen, serta lahan seluas 20 hektar telah selesai proses pembebasannya. Hal ini menunjukkan pendirian pabrik tersebut segera terealisasi. Lalit menambahkan, izin yang diperlukan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma telah selesai. Proses izin tersebut meliputi Analisis Masalah Dampak Lingkungan (Amdal), Izin Mendirikan Bangunan (IMB), UKL/UPL yang merupakan kewenangan Pemkab Seluma.

\"Izin kita sudah mencapai 80 persen, serta untuk lahan kita telah selesai melakukan proses pembebasan,\" sampai Lalit Khomar.

Lalit menambahkan, sesuai dengan yang disampaikan dalam rapat, perusahaan siap melakukan peletakan batu pertama 15 November mendatang.  \'\'Nanti Pak bupati sendiri yang melakukannya bersama saya dan pejabat Pemkab Seluma. Termasuk mengundang seluruh kades. Kita berharap perizinan sudah kelar sebelum peletakan batu pertama ini,\" harapnya.

Masih ditempat sama, Bupati Seluma H Bundra Jaya SH MH, memastikan peletakan batu pertama pabrik minyak goreng tersebut segera dilaksanakan.  \'\'Kita sama-sama mendengar pemaparan perusahaan mengenai dibangunnya PMG ini. Masyarakat Kabupaten Seluma tidak akan risau lagi dengan polemik harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit hasil kebun miliknya. Karena bahan baku pembuatan minyak goreng ini, diprioritaskan hasil kebun petani di Kabupaten Seluma. ‘’Penantian kita selama ini terjawab sudah dengan hadirnya PMG ini. Insya Allah petani sawit di Seluma sejahtera,’’ ucap Bundra.

Selain berkomitmen memprioritaskan bahan baku dari hasil kebun milik masyarakat Seluma. Pimpinan PT Sudevam juga berkomitmen mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Seluma. Karena PMG yang dibangun ini nanti akan merekrut dua ribu karyawan khusus masyarakat Seluma.

‘’Ini juga sudah menjadi komitmen dalam perjanjian antara Pemkab Seluma dengan PT. Sudevam. Jadi persiapkan diri, jika sudah ada penerimaan karyawan segera masukkan lamaran. Masyarakat Seluma diprioritaskan sebagai karyawan sesuai dengan keahlian yang dimiliki,’’ sampainya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: