Ribuan CPNS Pemprov Bengkulu Langsung Gagal

Ribuan CPNS Pemprov Bengkulu Langsung Gagal

BENGKULU, Bengkulu Ekspress- Persaingan ketat dalam tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) menggunakan sistem computer assisted test (CAT) di UPT Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bengkulu. Untuk hari pertama tes CAT pada kuota CPNS Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu saja, ada ribuan peserta harus gigit jari atau gagal.

Sebab tes CAT yang dibagi 3 sesi dengan masing-masing sesi sebanyak 430 orang itu, dua sesi diantarnya hanya sekitar 20 orang yang memenuhi passing grade pada seleksi kompetensi dasar (SKD). Sebab, peserta dipacu untuk mengerjakan 100 soal yang terbagi dalam tiga bidang, yaitu tes wawasan kebangsaan (TWK) 35 soal, tes intelegensia umum (TIU) 30 soal dan tes karakteristik pribadi (TKP) 35 soal. Banyak peserta tidak mampu memenuhi passing grade 143 untuk TKP, 80 untuk TIU dan 75 untuk TWK. Rata-rata peserta banyak gagal di tes karakteristik pribadi (TKP).

\"Secara keseluruhaan belum bisa kita rekap semua. Tapi, masing-masing peserta sudah bisa langsung mengetahui lulus atau tidaknya,\" ujar Kepala BKD Provinsi Bengkulu, Ir Diah Irianti MSi melalui Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Kepegawaian (PPIK), Dei Natali Handy kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (29/10).

Dijelaskan, dalam tiga sesi hari pertama tes CPNS khusus pemprov itu, ada sebanyak 77 orang peserta tidak hadir. Ketidakhadirnya itu belum diketahui secara pasti peyebabnya. Sesuai dengan aturan panitia seleksi nasional (paselnas), peserta yang tidak datang ataupun telat datang, maka dipastikan langsung dicoret menjadi peserta.  \"Yang tidak datang, ya jelas langsung gagal,\" terangnya.

Dei juga menegaskan, dari tes tersebut, semua lancar dilakukan. Para peserta tertib untuk masuk kedalam ruangan. Peserta juga disterilkan dari barang bawakaan untuk tidak dibawa ke ruangan tes. Hanya KTP dan kartu peserta yang boleh dibawa peserta. \"Semuanya diperiksa satu persatu. Dipastikan tidak boleh membawa apapun kedalam ruangan tes. Karena jika ketahuan, maka akan langsung disanksi. Baik secara lisan, maupun dikeluarkan dari ruangan,\" tambah Dei.

Dei juga mengakui, dalam pelaksanaan ada terkendal sedikit. Ketika peserta ingin mengambil kode komputer yang digunakan, server komputer sempat terganggun. Hal itu disebabkan atas banyaknya peserta yang mengembil kode komputer itu. Namun secara sigab, panitia teknis langsung melakukan perbaikan dan bisa lancar lagi digunakan oleh peserta.  \"Cuma kendala sedikit itu. Selebihnya lancar semua,\" paparnya.

Untuk hari ini (30/10) akan dibagi menjadi 5 sesi. Dalam satu sesinya tetap berjumlah 430 orang. Dei mengatakan, jadwalnya akan dimulai pada pukul 08.00 WIB. Masing-masing sesi selama 90 menit untuk mengerjakan soal. Untuk itu, para peserta diminta untuk fokus dalam mengerjakan soal CAT tersebut.  \"Silahkan fokus untuk mengerjakan soal dan tentunya jangan sampai terlambat hadir,\" pungkasnya. (151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: