Datangi Sekolah Ajari Siswa Nyoblos

Datangi Sekolah Ajari Siswa Nyoblos

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress- Berbagai upaya dilakukan KPU Kaur untuk mensukseskan Pileg dan Pilpres 2019 mendatang. Salah satunya untuk meningkatkan partisipasi pemilih khususnya dikalangan pemilih pemula. Kali ini KPU Kaur melaksanakan sosialisasi yang bertajuk ‘KPU Goes To School’ ke beberapa sekolah di Kaur, salah satunya SMAN 3 Kaur.

“Dalam sosialisasi ini ada beberapa sekolah kita sambangi dalam program goes to scool ini, dan para pelajar merupakan pemilih pemula yang harus diberikan penjelasan atas pentingnya hak suara mereka dalam Pemilu,” kata Ketua KPU Kaur Mexsi Resmanto SE, usai menggelar sosialiasi pemilih pemula di SMA 3, Sabtu (28/10)

Dikatakan Mexsi, untuk pemilih pemula sendiri telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2008 dimana pemilih pemula adalah warga negara Indonesia yang pada hari pemilihan atau pemungutan suara adalah Warga Negara Indonesia yang sudah genap berusia 17 tahun dan atau lebih atau sudah pernah kawin yang mempunyai hak pilih. KPU Kaur menyadari pentingnya sosialisasi terhadap pemilih pemula maka mengadakan kegiatan Goes To School yang menyasar sekolah-sekolah menengah atas dan kejuruan di Kaur ini.

“Nah untuk syarat menyalurkan hak pilih itu berusia 17 tahun atau telah melakukan perekaman e-KTP. Kita menghimbau yang sudah berusia 17 tahun segeralah lakukan perekaman e-KTP, agar tercatat di DPT,” harapnya.

Mexsi juga menambahkan, kegiatan ini gencar dilakukan bertujuan meningkatkan partisipasi pemilih di kalangan pemilih pemula juga bertujuan untuk memberikan pendidikan pemilih kepada anak-anak sekolah yang baru mulai memasuki usia politik untuk mau berdemokrasi secara sehat dan cerdas. Juga osialisasi tentang pemilu akan terus dilakukan dengan sasaran seluruh sekolah tingkat SMA se-Kabupaten Kaur.

“Kita selalu mengajak seluruh siswa, agar menjadi pemilih pemula yang cerdas dan berdaulat dan kita harap kepada pemilih pemula ini nanti agar menyalurkan suarannya dengan baik dan benar,” harapnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: